Home Palu

SKB CPNS Paling Lambat Awal September

17
Supardi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Donggala di Palu, Supardi, memastikan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi 2019 dalam tahun ini. Jadwal yang telah direncanakan pelaksanaan SKB pada Agustus atau paling lambat awal September mendatang.

“Harus dalam tahun ini dilaksanakan karena seleksi tersebut formasi CPNS tahun 2019. Harus diselesaikan di tahun ini, mudah-mudahan paling lambat awal bulan sembilan (September),” ungkap Supardi, Rabu, 15 Juli 2020.

Dia mengatakan BKN secara nasional saat ini tengah fokus dalam pelaksaan tes sekolah kedinasan instansi vertikal. Tes dimaksud telah berlangsung di sejumlah daerah yang dilaksanakan dengan metode Computer Assisted Test (CAT).

“Tidak mungkin jadwal tumpang tindih karena pelaksanaan tes sekolah kedinasan berbeda-beda,” ucap Supardi.

Diperkirakan tes sekolah kedinasan akan berakhir pada awal Agustus mendatang. Setelahnya BKN akan fokus untuk pelaksaan SKB CPNS formasi 2019. Calon peserta SKB diimbau bersabar dan tetap memantau perkembangan informasi.

Supardi mengungkapkan apabila jadwal SKB telah disusun akan dimumkan melalui website dan akun resmi BKN. Jadwal resmi akan diumumkan minimal dua pekan sebelum pelaksanaan SKB.

Sebelumnya, Supardi menerangkan salah satu pertimbangan utama untuk menentukan pelaksanaan SKB yaitu melihat perkembangan pandemi virus corona (Covid-19). BKN Pusat terus mematangkan opsi apabila pandemi Covid-19 masih berlanjut. Salah satu opsi yang disiapkan pelaksanaan SKB dilakukan secara online melalui aplikasi daring.

“Masih opsi, belum final. Pelaksanaan secara teknis juga masih mau dibahas kalau jadwal sudah ditentukan,” tuturnya.

Adapun untuk pelaksanaan tes sekolah kedinasan, Kepala BKN Pusat telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 17/SE/VII/2020 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Edaran Kepala BKN tersebut menjadi pedoman bagi Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

“Khususnya bagi instansi penyelenggara sekolah kedinasan untuk menjamin efektifitas, efisiensi dan kelancaran, serta tetap menjaga kualitas penyelenggaraan seleksi sesuai dengan protokol kesehatan di masa kedaruratan Covid-19,” ucap Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerjasama BKN, Paryono.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas