Home Palu

Perekaman KTP-el Telah Dibuka

13
Rosida Thalib. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Disdukcapil Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, Rosida Thalib, mengatakan, perekaman KTP elektronik (KTP-el) telah dibuka kembali.

“Bagi masyarakat yang ingin merekam silahkan mendaftar dulu secara online, kemudian nanti akan diberikan jadwal untuk datang merekam di kantor Disdukcapil,” kata Rosida, di ruang kerjanya, Senin, 13 Juli 2020.

Sementara itu, kata Rosida, untuk perekeman KTP-el di empat kantor kecamatan, saat ini masih belum dibuka, sehingga khusus untuk perekeman diarahkan semua ke kantor Disdukcapil Palu. Namun tidak menutup kemungkinan perekeman akan dibuka kembali di kecamatan, namun secara bertahap.

“Untuk perekaman KTP-el ini semua masyarakat akan dilayani, tidak ada pengecualian, hanya saja untuk penyandang disabelitas dan lansia kami turun langsung untuk merekamnya, hal itu sebagai bentuk pelayanan kami secara mobile,” ujarnya.

Selain itu, kata Rosida, saat ini masyarakat yang ingin mengurus suatu dokumen kependudukan harus menggunakan emailnya.

“Sehingga jika masyarakat perlu, misalnya Kartu Keluarganya (KK), Akte Kelahiranya, dan lainnya bisa dibuka di emailnya. Jadi ada keuntunganya sendiri untuk masyarakat, jika perlu bisa di print sendiri dengan menggunakan kertas HVS,” jelasnya.

“Terkait pencetakan KTP-el dalam sehari itu, kita rata-rata kurang lebih mencetak 350 keping blangko, dan untuk ketersedian blangko kami masih sangat cukup dan tidak ada kekurangan, alhamdulillah tercukupi selama pencetakan KTP-el,” ungkapnya.      

Bahkan kata Rosida, menurut Dirjen Dukcapil melalui dialog zoom beberapa waktu lalu, bagi blangko KTP-el daerah habis silahkan datang mengambil, artinya jatah ketersedian blangko masih ada.

“Kami berharap masyarakat mengurus dokumen kependudukanya segera sebelum dibutuhkan, sehingga dokumen itu telah ada di tangan mereka, dan dalam kepengurusan apapun bisa berjalan lancar,” katanya.

Rosida mengungkapkan, pencetakan dokumen kependudukan sudah bisa mengunakan kertas HVS A4 80 gram, kecuali KTP-el dan KIA, ada blangko khusus. Olehnya itu kepada masyarakat jika mengurus dokumen kependudukan sertakan emailnya, sehingga dalam email itu bisa masyarakat sendiri yang menggunakannya untuk mencetak atau print dokumennya.

“Namun jika tidak ada print sendiri di rumah, silahkan ke kantor Disdukcapil, kita bisa printkan dokumenya,” ujarnya.

Tetapi kata Rosida, untuk sementara kertas blangko KK dan Akte Kelahiran dan lainya masih ada di Dukcapil Palu.

“Jika sudah habis blangko itu baru akan digunakan kertas HVS tersebut,” katanya.  

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas