Home Sulteng

Insentif Nakes Covid-19 Segera Cair

26
dr Jumriani Yunus. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Plt Kadis Kesehatan: Dananya Rp1 Miliar Sudah Masuk

Palu, Metrosulawesi.id – Kabar baik bagi tenaga kesehatan (Nakes) yang terlibat dalam penanganan Covid-19 di Sulteng. Pemerintah pusat sudah mentransfer dana insentif mereka dan segera cair.

“Dananya sudah masuk Rp1 miliar lebih dari pusat, tinggal menunggu verifikasi,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, dr Jumriani Yunus kepada Metrosulawesi, Kamis 9 Juli 2020.

Jumriani berjanji dalam waktu akan mencairkan insentif bagi dokter dan tenaga medis lainnya yang terlibat dalam penanganan pasien virus corona (Covid-19). Besaran insentif yang akan diterima berbeda-beda.

Dia mengatakan untuk dokter spesialis maksimal mendapatkan insentif sebesar Rp15 juta. Untuk dokter umum maksimal Rp10 juta, sementara perawat dan tenaga medis lainnya akan menerima Rp7,5 juta.

Insentif dimaksud akan diberikan kepada dokter dan tenaga medis yang bertugas di bawah naungan Pemerintah Provinsi Sulteng yakni RSUD Undata dan RSUD Madani. Pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp2 miliar lebih untuk Pemprov Sulteng.

“Yang tidak ditanggung pusat, ada ditanggung provinsi dari dana Covid yang ada,” ucap Jumriani.

Sementara untuk dokter dan tenaga medis di rumah sakit kewenanganan kabupaten/kota menjadi tanggung jawab pemerintah setempat. Jumriani menambahkan pencairan akan dilakukan saat hasil verifikasi sudah keluar.

“Jadi nanti insentifnya sesuai jumlah pasien yang diperiksa atau ditangani,” pungkas juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulteng itu.

Sebelumnya, Jumriani mengaku optimis Sulawesi Tengah segera bebas dari pandemi Covid-19. Yang penting kata dia masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan.

Jumriani mengatakan rumah sakit rujukan di daerah ini tetap siap menerima pasien corona. Namun demikian, ia berharap tidak ada lagi penambahan pasien Covid-19.

“Tim medis tetap siap, APD (Alat Pelindung Diri) juga masih tersedia di rumah sakit rujukan penanganan Covid-19,” pungkas Jumriani.

Dia menambahkan apabila masyarakat tetap disipilin menerapkan protokol kesehatan, Sulteng diyakini akan terbebas dari virus corona Agustus mendatang.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas