Home Politik

Sigi Sudah Selesaikan Transfer Dana Pilkada

18
Sekkab Sigi, Muh Basir (tengah) mengikuti rakor terkait pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 melalui video conference di kantor bupati Sigi, Senin 6 Juli 2020. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Muh Basir mengungkapkan telah siap dalam pendanaan pelaksanaan Pilkada tahun 2020, dengan rincian, pagu anggaran KPU sebesar Rp30 miliar, Bawaslu Rp9 miliar, Polres Sigi Rp5 miliar, dan TNI Rp1 miliar. Selain TNI yang menunggu koordinasi terkait realisasi anggaran tersebut, secara keseluruhan pendanaan pilkada tahun 2020 telah siap dan telah direalisasikan/ditransfer kepada lembaga terkait.

Itu ditegaskan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sigi, Muh Basir, saat mengikuti video conference (vidcon) rapat koordinasi (rakor) fasilitasi pendanaan pilkada serentak, dalam pelaksanaan kegiatan pemilihan gubernur/bupati/wali kota di Provinsi Sulteng tahun 2020, bersama Ditjen Bina Keuangan Daerah, di Kantor Bupati Sigi, Senin, 6 Juli 2020.

Pencairan belanja hibah kegiatan Pilkada 2020, kini diubah oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi dua tahap. Dimana ketentuan pencairan dana hibah tersebut diatur dalam Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 41 tahun 2020, tentang perubahan atas Permendagri Nomor 54 tahun 2019, tentang pendanaan kegiatan pilkada, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Pencairan tersebut paling lambat dilaksanakan pada 9 Juli 2020,” jelasnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas