Home Sigi

Pemerintah Desa Berperan Cegah Stunting

19
SOSIALISASI - Bupati Sigi, Mohamad Irwan membuka sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup), Senin 6 Juli 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten Sigi mengadakan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 14 tahun 2020 dan Surat Keputusan (SK) Nomor 440-185 tentang Data Stunting Balita dan Desa Lokasi Fokus (lokus) Stunting 2021.

Sosialisasi yang dibuka oleh Bupati Sigi, Mohamad Irwan di salah satu hotel di Kota Palu, Senin, 6 Juli 2020 itu, diikuti peserta dari lintas sektor 8 aksi konvergensi, camat, kepala Puskesmas, 10 desa lokus serta staf Dinas Kesehatan Sigi.

Mohamad Irwan mengungkapkan, peran desa harus maksimal. Kepala desa sebagai pengambil kebijakan di tingkat desa sebagai garda terdepan serta paling dekat dengan masyarkat harus benar-benar pro pada upaya pencegahan stunting.

“Kepala desa harus berani menganggarkan kegiatan upaya pencegahan stunting ini melalui dana yang bersumber dari dana desa, misalnya kegiatan posyandu, penyuluhan kesehatan, keluarga berencana, peningkatan kapasitas kader penyediaan air bersih serta sanitasi lingkungan lebih diperkuat lagi,” tuturnya.

Kemudian kata Irwan, 10 desa lokus tentunya menjadi perhatian bersama, semua stakeholders harus terlibat untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Sigi. “Mulai dari kabupaten, kecamatan hingga desa dan OPD terkait,” jelasnya.

Melalui kebijakan regulasi Perbup tersebut, Irwan berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat menyusun langkah-langkah yang akan ditempuh dalam pencegahan serta penurunan stunting di Kabupaten Sigi.

“Besar harapan saya dengan adanya Perbup, menjadi gerakan bersama, sehingga pelaksanaan intervensi spesifik dan sensitif lebih maksimal lagi,” ujarnya.

Adapun narasumber dari sosialisasi tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sigi, Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah (BP3D) Sigi, Bagian Hukum Setda Sigi dan Dinas Kesehatan Sigi.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas