Home Sulteng

Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid

19
FOTO BERSAMA - Kadiv Keimigrasian Kemenkumham Sulteng, Ari Tri Esthi Moeljantoro (dua dari kanan) foto bersama Asisten Setdaprov Sulteng, Bunga Elim Somba (tengah), Kepala Kesbangpol Provinsi Sulawesi Tengah, Fahrudin (kanan) didampingi Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Sulteng, Joko Pranowo (dua dari kiri), dan Kepala Subbidang Perizinan Keimigrasian, I Nyoman Nariana, Senin, 6 Juli 2020. (Foto: Istimewa)

Palu, Mettrosulawesi.id – Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng Sulteng, Ari Tri Esthi Moeljantoro, menemui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Tengah, Fahrudin didampingi Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Sulteng, Joko Pranowo, Senin, 6 Juli 2020.

Kadiv Ari menjelaskan pertemuan membahas rencana revisi Surat Edaran Gubernur Nomor 441/306/RO.HP tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid 19.

“Surat edaran pak gubernur nantinya akan disesuaikan dengan dengan surat edaran dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020 perubahan atas Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tertanggal 26 Juni 2020,” jelas Ari.

Dia mengatakan tujuan utama dari kriteria dan syarat tersebut yakni meningkatkan penerapan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru sehingga tercipta kehidupan aman dan produktif serta meningkatkan pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2.

Dalam surat edaran tersebut, perjalanan memiliki definisi pergerakan orang dari satu daerah ke daerah lain berdasarkan batas wilayah administrasi provinsi, kabupaten dan kota, dan kedatangan orang dari luar negeri memasuki wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum darat, perkeretaapian, laut dan udara.

“Surat edaran ini menetapkan empat kriteria dan syarat dalam melakukan perjalanan. Kriteria paling utama yaitu menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan. Langkah yang harus dilakukan yaitu pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan,” pungkas Ari.

Usai bertemu kepala Kesbangpol, Ari juga menemui Asisten Bidang Perkenomian dan Pembangunan Setdaprov Sulteng, Bunga Elim Somba, di Kantor Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tengah. Sementara itu, Joko Pranowo mengharapkan melalui pertemuan ini membawa dampak baik dalam menuju masyarakat produktif dan aman Covid, khususnya para tenaga kerja (buruh).

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas