Home Palu

Terapkan Prokes, UTBK di Untad Lancar

19
UTBK SBMPTN - Tampak salah seorang peserta UTBK SBMPTN tahun 2020 mengikuti ujian menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, Ahad, 5 Juli 2020. (Foto: Humas Untad)

Palu, Metrosulawesi.id – Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) tahun 2020 dimulai pada Ahad, 5 Juli 2020. Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Universitas Tadulako (LTMPT Untad), Yutdam Mudin, mengungkapkan UTBK hari pertama di Untad secara umum berjalan lancar.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar, tidak ada kendala yang mengganggu pelaksanaan ujian,” ungkapnya kepada Metrosulawesi, Ahad, 5 Juli 2020.

Dia mengatakan UTBK dilaksanakan dengan penerapkan protokol kesehatan (Prokes). Sebelum memasuki ruang ujian, peserta dicek suhu tubuh oleh panitia. Dari pengecekan, semua peserta dalam kondisi suhu normal sehingga diperbolehkan mengikuti ujuan.

Panitia kata Yutdam terlebih dahulu melakukan penyemprotan disinfektan ke semua ruangan sesuai Prokes pencegahan Covid-19. Peserta dan pengawas dalam mengikuti ujian menggunakan masker.

UTBK hari pertama berlangsung dua sesi mulai pukul 09.00 sampai 11.15 sesi pertama dan pukul 14.00 sampai 16.15 sesi kedua. LTMPT Untad menyiapkan 29 ruangan yang tersebar di empat lokasi, yaitu 10 ruangan di Untad, empat ruangan di SMKN 1 Palu, sembilan ruangan di SMKN 2 Palu serta enam ruangan di SMKN 3 Palu.

Per sesi UTBK diikuti 445 peserta dengan sebaran terdiri atas 170 peserta yang akan mengikuti UTBK di Untad, 60 peserta di SMKN 1 Palu, 135 peserta di SMKN 2 Palu, dan 90 di SMKN 3 Palu.

Yutdam menyampaikan panitia menyediakan posko pemeriksaan kesehatan Tim Satgas Covid-19 selama pelaksanaan UTBK yang berlokasi di area Untad dan area Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng untuk peserta ujian di luar area kampus.

Selain itu, panitia telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar mengetahui pelaksanaan UTBK Untad di Kota Palu. Adapun kebijakan terkait surat keterangan sehat atau surat rapid test tergantung kebijakan masing-masing daerah.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN di Untad akan berlangsung mulai 5 sampai 12 Juli mendatang. Yutdam berharap UTBK bisa berjalan lancar sampai hari terakhir dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

“Jadi sebelum masuk ke ruangan ujian, peserta dicek suhu tubuh, kalau di atas 38 derajat tidak bisa ikut UTBK,” pungkas Yutdam.

Secara nasional, UTBK ini diikuti oleh 703.875 peserta dari berbagai daerah menurut Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. UTBK 2020 dilaksanakan dalam dua tahap. UTBK tahap pertama yang berlangsung 5 hingga 14 Juli diikuti oleh 579.069 peserta dan UTBK tahap dua dari 20 hingga 29 Juli diikuti oleh 124.806 peserta. UTBK diselenggarakan di 74 pusat UTBK.

“Kami minta peserta untuk menaati protokol kesehatan dalam pelaksanaan UTBK,” kata Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo di Jakarta dikutip dari Antara.

Saat melaksanakan UTBK semasa pandemi ini, setiap peserta harus menaati aturan kesehatan, antara lain memiliki suhu tubuh normal. Peserta yang menurut hasil pemeriksaan suhunya di atas normal tidak diperkenankan mengikuti ujian. Selain itu, orang tua atau orang yang mengantar peserta ke lokasi ujian dilarang turun dari kendaraan. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Ketika melaksanakan UTBK, setiap peserta juga wajib mengenakan masker dan pelindung wajah untuk mencegah penularan Covid-19.

UTBK merupakan syarat untuk mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

UTBK 2020 dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama digelar 5 sampai 14 Juli 2020. Sementara itu, gelombang dua pada 20- 29 Juli 2020.

Peserta yang karena kondisi tertentu, seperti bencana, tidak bisa mengikuti UTBK tahap satu maupun dua, bisa mengikuti ujian pada 29 Juli sampai 2 Agustus 2020.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas