Home Parigi Moutong

SPAM Tak Gratis Lagi, Penagihan Mulai Agustus

15
Moh Rivai. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.id – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Parigi Moutong (Parimo), Moh. Rifai mengungkapkan, mulai Juli 2020 hingga seterusnya tagihan air (SPAM) kembali Normal. Sebelumnya, telah dilakukan penangguhan tagihan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) atau digratiskan selama tiga bulan yakni April 2020 hingga Juni 2020.

“Pada bulan April hingga Juni 2020 kami mendapat instruksi Bupati agar tagihan SPAM selama tiga bulan digratiskan karena adanya Covid-19, maka bulan Juli 2020 sampai seterusnya tagihan SPAM kembali normal,” ungkap Moh. Rivai kepada Metrosulawesi melalui ponselnya, Selasa 30 Juni 2020.

Dikatakan, Juni 2020 merupakan bulan terakhir digratiskan tagihan SPAM. Selanjutnya, Juli 2020 tagihan SPAM kembali normal dan untuk tagihannya akan berlaku di bulan Agustus 2020. “Bulan Agustus kami sudah melakukan penagihan normal kembali,” ucapnya.

Rivai juga mengatakan, bahwa terkait tarif tagihan SPAM, pihaknya masih menggunakan tarif yang sama sesuai SK Bupati tahun 2010, tidak ada perubahan.

Sementara, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) ditargetkan Rp750 juta khusus air minum. Dia berharap target itu dapat tercapai.

Dia mengakui dengan adanya gratis tiga bulan penagihan SPAM, pemasukan mengalami penurunan. Apalagi khusus petugas SPAM di tengah wabah Covid 19 merasa khawatir secara langsung melakukan penagihan ke rumah masyarakat.

“Akan tetapi kami sudah mendapatkan solusi, dengan melakukan kerja sama dengan BUMDes dalam waktu dekat ini. Dengan demikian pemungutan akan dilakukan pihak BUMDes,”terang Rivai.

Rivai menambahkan, bahwa dinas terkait tidak memaksakan kerja sama BUMDes harus terjalin. Akan tetapi jika terjadi kesepakatan, maka pihaknya yakin akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

“Langka awalnya kita akan lakukan di Desa Lobu Kecamatan Parigi Barat sebagai percontohan penagihan SPAM dilakukan oleh BUMDes. Dan untuk diketahui lokasi pelanggan yang digratiskan oleh Dinas PUPRP tiga bulan kemarin yakni, SPAM Parigi, Torue, Tolai, dan SPAM Ampibabo,” pungkasnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas