Home Palu

Animo Meningkat, Pendaftar PPDB SMKN 3 Palu Capai Ribuan

32
Triyono. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMK Negeri 3 Palu, Triyono, mengatakan, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini berjalan dengan baik, indikatornya adalah animo masyarakat mendaftar di SMKN 3 mencapai 1.211 orang.

“Kemudian indikator selanjutnya suasana selama PPDB begitu tenang, dan semua kompetensi keahlian terisi, artinya jumlah pendaftar itu cukup untuk memenuhi kuota yang tersedia,” kata Triyono, saat dihubungi Metrosulawesi, Selasa, 30 Juni 2020.

Bahkan kata Triyono, saking banyaknya pendaftar, ada jurusan-jurusan tertentu pendaftarnya sampai melebihi dari jumlah yang akan diterima. 

“Selama proses pendaftaran kami membuka lima layanan telefon yang bisa dihubungi selama 24 jam, dengan tujuan untuk melayani masyarakat yang tidak paham tentang Informasi Teknologi (IT), karena PPDB di SMKN 3 Palu proses pendaftaranya full online,” ujarnya.

Triyono mengatakan, lima layanan telefon ini juga mengakomodir keluhan dan kendala masyarakat tentang proses PPDB. Salah satunya membantu orang yang kesulitan mendaftar secara online.

“Kami tetap membantu masyarakat mendaftar di sekolah dengan menggunakan protokol kesehatan, Hal ini salah satu bentuk komitmen kita untuk memberi kemudahan kepada masyarakat terkait dengan pelaksanaan PPDB,” katanya.

Triyono mengatakan, dari 1.211 yang diterima mendaftar, sebanyak 727 orang yang diterima untuk mengisi kursi di 22 kelas dari 12 kompetensi keahlian.

“Saat ini sedang proses pendaftaran ulang hingga pukul 12.00 siang. Jika misalnya ada pendaftar yang tidak mendaftar ulang maka dinyatakan gugur. Artinya akan diisi dengan yang lain seperti dari bina lingkungan yakni saudara kita misalnya guru dan masyarakat sekitar kita namun jumlahnya terbatas, karena hanya mengisi yang kosong tadi,” jelasnya.

Kata dia, pertemuan antara panitia PPDB dengan pendaftar itu hanya satu kali saja yakni pada saat pendaftaran ulang, hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan orang banyak selama pandemi Covid-19.

“Selama PPDB kami juga sudah menyiapkan antisipasi pencegahan Covid-19, seperti tempat cuci tangan, sebelum masuk wajib menggunakan masker, serta pengunjung mendaftar dibatasi,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas