Home Palu

Suhu di Atas 38 Derajat Dilarang Ikut UTBK

35
Yutdam Mudin. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT) Universitas Tadulako (Untad) memastikan telah siap melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN).

Humas LTPMT Untad, Yutdam Mudin, mengungkapkan pelaksanaan UTBK SBMPTN akan berlangsung mulai 5 sampai 12 Juli mendatang. UTBK akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19). Bagi peserta dengan suhu tubuh di atas 38 derajat dilarang mengikuti ujian.

“Sebelum masuk ke ruangan ujian, peserta akan dicek suhu tubuh, kalau di atas 38 derajat tidak bisa ikut UTBK,” ungkap Yutdam kepada awak media di Lantai I Rektorat Untad, Senin, 29 Juni 2020.

Dia mengatakan masing-masing peserta UTBK dan pengawas wajib menggunakan masker. Bagi peserta yang saat dicek dengan suhu tubuh di atas 38 derajat, akan dijadwalkan ulang untuk mengikuti UTBK.

Panitia LTPMT Untad menyiapkan 29 ruangan yang tersebar di area kampus dan di SMK 1, SMK 2, dan SMK 3 Palu. Dalam sehari, ujian akan berlangsung dua sesi, kecuali pada Jumat, 10 Juli, hanya satu sesi.

Sesi pertama dimulai pukul 09.00 sampai 11.15 WITA dan sesi kedua pukul 14.00 sampai 16.15 WITA. Masing-masing komputer peserta akan berjarak minimal 1,5 meter di setiap ruangan.

“Antara sesi satu ke sesi dua diberi jeda waktu dua jam empat puluh lima menit untuk membersihkan ruangan dalam rangka penerapan protokol Covid-19,” ucap Yutdam.

Yutdam mengatakan terdapat perubahan hari dan waktu yang harus dilihat peserta diakun masing-masing melalui portal.ltmpt.ac.id. Perubahan waktu dimaksud sudah bisa dilihat pada Senin, 29 Juni mulai pukul 15.00 WITA. Peserta harus sesering mungkin melihat perkembangan persiapan UTBK di web resmi LTMPT tersebut.

Dikatakan, panitia LTPMT Untad telah menyusun pembagian sesi UTBK yang akan tuntas pada tahap satu. Sementara bagi peserta yang tidak bisa hadir ujian dengan alasan tertentu akan diberi waktu mengikuti ujian tahap dua mulai 20 sampai 29 Juli.

“Tahap dua dilakukan kalau ada peserta tidak bisa mengikuti ujian karena tidak memenuhi persyaratan Satgas Covid-19,” jelas Yutdam.

Total pendaftar SBMPTN yang akan mengikuti UTBK di Untad mencapai 6.367 peserta.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas