Home Sigi

Pengelola Wisata Diminta Terapkan Prokes

14
Kepada Dinas Parawisata Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Diah Agustiningsih Entoh. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Sigi mulai dibuka. Meski sudah diperbolehkan dibuka, namun pengelola tempat wisata swasta diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), guna mencegah penularan Covid-19 dimasa tatana new normal.

“Kami menumukan beberapa tempat wisata yang dikelola swasta di Sigi belum mengikuti  protokol kesehatan. Kami sudah tegur, kalau diabaikan, pasti kita tutup,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sigi, Diah A Entoh kepada Metro Sulawesi melalui sambungan telepon, Senin, 29 Juni 2020.

Kata Diah, pengelola tempat wisata di Sigi diingatkan untuk menjalankan prokes. Mulai dari menyediakan tempat mencuci tangan, melarang pengunjung yang tidak menggunakan masker dan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung sebelum masuk.

“Kami juga minta pengelola tempat wisata untuk menyedikan masker yang dijual, supaya kalau pengunjung tidak pakai masker, bisa beli disitu juga,” katanya.

Meski tempat wisata mulai dibuka, Diah mengungkapakan bahwa tempat wisata yang dikelolah Pemerintahan Kabupaten Sigi akan membuka objek wisata yang lama ditutup akibat pandemi Covid-19 itu pada pekan depan.

“Kami masih melakukan persiapan SOP kesehatan yang akan diterapkan di tempat wisata. Paling cepat minggu depan sudah dibuka kembali,” tuturnya.

Diah juga menambahkan, bahwa pihaknya sudah menyerahkan paket berupa bantuan siap saji dari Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Perekraf (Kemenparekraf), kepada 246 tenaga kerja yang terdampak Covid-19 di kabupaten Sigi.

“Kami berterimakasih atas perhatian kemenparekraf kepada pekerja wisata yang terdampak Covid-19. Kami sudah salurkan kepada mereka belum lama ini,” tambahnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas