Home Palu

UKT K1 Untad Akan Digratiskan

69
Muhammad Nur Ali. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Untad Siapkan Opsi Ringankan Uang Kuliah Dampak Covid-19

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) bergerak cepat merespon Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun 2020 terkait ketentuan penyesuaian Uang Kuliah Tunggal (UKT) dampak pandemi Covid-19.

Wakil Rektor Untad Bidang Umum dan Keuangan, Dr Muhammad Nur Ali M.Si, mengungkapkan telah dilakukan rapat bersama Rektor dan pihak terkait membahas opsi yang akan diberikan kepada mahasiswa dalam meringankan biaya UKT dampak pandemi virus corona.

Salah satu opsi yang disepakati akan mengratiskan UKT mahasiswa kelompok Kategori 1 (K1). UKT kelompok K1 merupakan mahasiswa terdampak bencana gempabumi, tsunami, dan likuifaksi pada 2018 lalu. UKT K1 yang akan digratiskan sebesar Rp500.000 per semester.

“Untuk mahasiswa UKT K1 akan digratiskan untuk meringankan beban dampak pandemi Covid-19,” ungkap Nur Ali, Jumat, 26 Juni 2020.

Disebutkan, mahasiswa Untad kelompok UKT K1 berjumlah kisaran dua ribuan dari berbagai angkatan dan fakultas. Opsi lain yang disiapkan Untad yaitu meringankan UKT bagi mahasiswa strata satu (S1) yang tinggal menyelesaikan tugas akhir seperti proposal penelitian, seminar hasil, dan ujian tutup.

Untuk mahasiswa tugas akhir proposal penelitian dan seminar hasil diberikan keringanan potongan UKT mencapai 50 persen. Sementara untuk mahasiswa yang tinggal ujian tutup diberikan keringan 100 persen alias gratis. Adapun untuk mahasiswa strata dua (S2) dan strata tiga (S3) mendapat keringanan UKT 50 bagi yang tinggal ujian tutup.

Opsi lain yang akan diberlakukan kepada mahasiswa secara umum meringankan UKT maksimal 25 persen. Opsi berikutnya pembayaran bertahap atau menyicil sebanyak dua kali dalam semester yang sama. Opsi terakhir menurunkan kelompok kategori (besaran) UKT satu tingkat.

“Jadi misalnya dari UKT kategori 5, bisa bermohon turun ke kategori 4 yang lebih murah sedikit,” ujar Nur Ali.

Opsi keringanan UKT tersebut akan diberikan kepada mahasiswa yang orangtuanya  terdampak pandemi Covid-19. Untuk persyaratan yang harus disiapkan mahasiswa masih digodok oleh Rektor dan jajaran pimpinan di Untad.

Nur Ali menyebutkan ketentuan keringanan UKT secepatnya akan dikeluarkan sebelum pembukaan pembayaran uang kuliah pada Juli mendatang. Ketentuan dimaksud akan dipublikasikan melalui website untad.ac.id. Pemberlakuannya selama tahun akademik 2020-2021 atau Juli-Januari 2021.

Terkait tuntutan sejumlah mahasiswa yang mengingingkan UKT gratis dipastikan tidak bisa dipenuhi. Nur Ali menyatakan Untad sebagai Badan Layanan Umum harus mengacu dari keputusan pemerintah pusat dalam hal ini Kemendikbud.

“Perlu kami beritahukan besaran UKT yang kita berlakukan keputusan menteri loh, bukan seenaknya Untad menurunkan atau menaikkan,” pungkasnya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

1 COMMENT

  1. Hal apa sj yg perlu di persiapkan atau di lengkapi, sesuai penjelasan dan keterangan yg telah di sampaikan di atas tentang pembayaran UKT K1. bagi mahasiswa yg orang tuanya tterdampak oleh VIRUS COVID-19🙏🙏

Ayo tulis komentar cerdas