Home Palu

SMKN 2 Palu Tetap Ujian Virtual Meski Pandemi Berakhir

7
Kasman. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMK Negeri 2 Palu, Kasman, mengatakan, ujian virtual (online) di sekolahnya tetap akan dipertahankan meskipun pandemi Covid-19 sudah berlalu di Kota Palu atau Provinsi Sulawesi Tengah.

Menurutnya, ujian secara virtual sangat baik, karena melatih peserta didik maupun guru untuk menguasai teknologi, serta mempermudah peserta didik, karena dimanapun mereka bisa mengikuti ujian, cukup dengan bermodalkan ponsel android dan pulsa data.

“Bagi peserta didik yang tidak memiliki fasilitas  HP Android dapat memanfaatkan fasilitas komputer yang ada di sekolah ini. Selain itu, apa yang dikhawatirkan untuk melihat kunci jawab di buku itu tidak mungkin, karena ada durasi yang diberikan pada setiap soal, sehingga tidak sempat mencari jawaban di buku, kalau melihat jawaban di buku maka waktunya habis disitu saja, ” ungkap Kasman melalui ponselnya, Kamis, 25 Juni 2020.

Olehnya itu, kata Kasman, ke depannya ujian semester di SMKN 2 Palu akan menerapkan ujian virtual, peserta didik tidak diwajibkan datang ke sekolah mengikuti ujian semester, kecuali yang tidak memiliki fasilitas android. Hal ini juga menghemat, peserta didik tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, cukup mereka di rumah, mereka sudah bisa ujian,” jelasnya.

Kasman mengatakan, dirinya sejak awal juga sudah memberikan penegasan kepada setiap guru sebagai tenaga pengajar di sekolah ini untuk menguasai IT, bahkan dalam proses pembelajaran di kelas kerap diwanti-wanti untuk menggunakan IT.

“Jika tidak bisa guru tersebut diminta untuk mengundurkan diri sebagai tenaga pengajar di sekolah ini. Ini sudah zamannya IT, tidak boleh lagi kita abaikan itu pengetahuan IT,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas