Home Sigi

Pemkab Sigi Rencana Bangun Pasar Ikan Air Tawar

62
DIALOG - Bupati Sigi Mohamad Irwan (ketiga dari kiri) dialog dengan penyuluh perikanan serta pelaku usaha dibidang perikanan yang berada di wilayah Kabupaten Sigi, di aula kantor Bupati Sigi, Jumat 19 Juni 2020. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi merencanakan pembangunan pasar ikan air tawar di Desa Beka, Kecamatan Marawola.

Demikian dikatakan Bupati Sigi Mohamad Irwan saat dialog dengan penyuluh perikanan serta pelaku usaha dibidang perikanan yang berada di wilayah Kabupaten Sigi, bertempat di aula kantor Bupati Sigi, Jumat 19 Juni 2020.

Seperti diketahui bahwa wilayah Kabupaten Sigi adalah salah satu daerah otonom yang tidak memiliki laut. Kekuatan perekonomian bersumber dari sektor pertanian, peternakan, usaha kecil menengah, termasuk juga perikanan air tawar, yang dikelola dengan berasas ekonomi kerakyatan.

“Dengan adanya pasar ikan air tawar, kelompok-kelompok ini (perikanan) diharapkan akan berkembang menjadi industri kecil menengah yang dikelola secara bersama oleh masyarakat,” harap bupati.

Sementara itu, beberapa hal juga disampaikan oleh para penyuluh dan pelaku usaha untuk mendapatkan bantuan pemerintah dalam pengembangan budidaya ikan air tawar.

“Bantuan bibit dan pakan, ketersediaan air, juga penyediaan outlet dan kendaraan sebagai media pemasaran khususnya untuk ikan air tawar yang telah diolah, tutur pelaku usaha. Dalam laporan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menyebutkan saat ini ada sekitar 214 kelompok perikanan di wilayah Kabupaten Sigi.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas