Home Poso

Pansel Umumkan Tiga Besar Calon Pejabat Eselon II

77
Yan Guluda. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

  • Nilai Hasil Seleksi Bukan Jaminan Terpilih

Poso, Metrosulawesi.id – Proses lelang jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II  B di Kabupaten  Poso sudah mencapai tahap akhir. Saat ini, panitia seleksi (pansel) sudah memutuskan tiga nama di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) siap diajukan ke KASN.

Diketahui, ada lima jabatan di Pemkab Poso yang kosong  sehingga dilakukan lelang jabatan yakni Asisten I, Asisten II, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kepala Dinas Nakertrans serta Kepala Dinas Pariwisata.

Masing-masing jabatan yang dilelang diikuti oleh tiga pejabat untuk selanjutnya ditetapkan satu pejabat yang dinilai layak untuk dilantik oleh kepala daerah dimana sebelumnya mendapatkan rekomendasi dari Mendagri dan KASN.

Sekretaris Daerah Poso Yan Edward Guluda, SH,MH sekaligus ketua panitia seleksi kepada wartawan Kamis 11 Juni 2020 mengatakan, untuk lelang jabatan tahapannya sudah selesai.

“Pansel sudah rapat, saya pimpin langsung sebagai ketua Pansel, kita sudah umumkan dan tetapkan untuk tiga besar, bisa langsung dilihat di website Pemda Poso ,” ujarnya.

Saat ditanya, apakah penentuan pejabat yang nantinya terpilih dan dilantik berdasarkan nilai hasil seleksi tersebut, dikatakan Yan Edward Guluda, hal itu merupakan wewenang dari Bupati  Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

“Kewenangan bupati menentukan dari tiga besar itu. Apakah yang beliau pilih nilai terakhir atau yang pertama kita juga tidak tahu, karena itu wewenang Bupati Darmin,” katanya. 

Selanjutnya, nama-nama tiga besar tersebut akan disampaikan ke  Mendagri serta KASN. Jika sudah disetujui atau mendapat rekomendasi, maka segera dilakukan pelantikan pejabat terpilih.

“Jika sudah ada izin KASN maka segera kita lakukan pelantikan. Tapi waktunya belum tahu, karena itu tergantung Bupati,” pungkasnya. 

Sementara itu, dari lelang jabatan pimpinan tinggi pratama kali ini di Poso, satu pejabat yang berkarier di Pemprov Sulteng yaitu Reza Rangga ikut berkompetisi. Reza ikut lelang di jabatan Asisten II yang konon bersaing bersama Ir Rita Pontoh yang saat menjabat  Irban di Inspektorat Daerah dan Yudi Iswanto SH yang kini masih sebagai Sekretaris DLH.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas