Home Palu

IAIN Palu Punya Tujuh Program Beasiswa

54
Prof Dr H Sagaf S Pettalongi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Prof Sagaf S. Pettalongi, mengatakan, ada tujuh jenis program beasiswa kampusnya, dan itu diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa yang kuliah di IAIN Palu.

“Untuk mendapatkan beasiswa di IAIN Palu harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan,  misalnya beasiswa bidikmisi, syarat mahasiswa yang menerimanya harus memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Tahun ini beasiswa ini telah kami anggarkan untuk 200 mahasiswa,” kata Sagaf, saat dihubungi Metro Sulawesi, Jumat, 12 Juni 2020.

Sementara itu, kata Sagaf, untuk beasiswa prestasi, syaratnya mahasiswa harus bisa meraih minimal nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3. Tetapi nilai ini harus melewati seleksi dulu dari Prodi dan fakultas, karena beasiswa ini mengutamakan mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu.                

“Jadi, misalnya mahasiswa itu berprestasi tetapi mampu tentunya tidak dapat juga. Sebaliknya mahasiswa itu misalanya tidak mampu, tetapi prestasinya dibawah standar itu juga tidak bisa, karena itu aturan dari pusat,” ujarnya.

Menurut Sagaf, program beasiswa di IAIN Palu setiap tahunnya terus berjalan. Program beasiswa di IAIN Palu terdiri dari beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau disebut dulu beasiswa Bidikmisi, beasiswa berprestasi, Beasiswa Bank Indonesia, Baznas Pusat, Baznas Provinsi, dan juga beasiswa khusus prodi-prodi ke-Islaman, serta beasiswa Hafidz Quran.

“Kalau beasiswa Hafidz Quran diberikan kepada mahasiswa yang menghafal 10 hingga 20 juz, bahkan jika 30 juz, mahasiswa itu selama kuliah di IAIN Palu bebas biaya SPP,” katanya.

Sagaf mengatakan, mahasiswa yang meraih beasiswa ini dari semester satu sudah mulai di seleksi berkasnya, dan program beasiswa ini dibuka secara terbuka melalui Wakil Rektor III.

“Beasiswa ini diperuntukan untuk seluruh mahasiswa yang kuliah di IAIN Palu, dan terbuka untuk diikuti dan diperebutkan, tetapi tentunya melalui syarat-syarat yang sudah ditentukan. Karena pemberi beasiswa ini misalnya BI, Baznas, miliki syarat yang mereka tentukan sendiri. Tinggal nanti diseleksi oleh WR III dengan Kabag Akademik Kemahasiswaan. Jika memenuhi syarat, pasti akan dapat jenis-jenis beasiswanya,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas