Home Sulteng

Ingin Keluar Daerah? Berikut Syaratnya

88
Suasana di Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia, Rabu, 3 Juni 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Penting diketahui masyarakat di Sulteng. Untuk melakukan perjalanan ke luar daerah baik darat, laut, dan udara harus memenuhi sejumlah persyaratan.

Gubernur Sulteng H Longki Djanggola telah mengeluarkan sejumlah syarat yang tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Sulteng Nomor 550/284/DIS.KES tentang Persyaratan Perjalanan Orang Menggunakan Alat Transportasi Umum Dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Dalam poin 2 surat edaran yang diterima koran ini dari Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng menegaskan seluruh penumpang wajib menggunakan masker dan selalu menjaga jarak. Selain itu penumpang memperlihatkan persyaratan perjalanan yang ditetapkan dalam surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 tahun 2020.

Persyaratan itu terdiri dari; identitas diri (KTP atau tanda pengenal lain yang sah).

Surat keterangan negatif Covid-19 berdasarkan PCR Test/Rapid Test atau surat keterangan sehat dari dinas kesehatan/rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan yang masih berlaku.

Surat tugas (bagi ASN, TNI/Polri) yang ditandatangani oleh minimal pejabat setingkat eselon 2.

Surat tugas (bagi BUMN/BUMD atau perusahaan swasta yang ditandatangani Direksi/kepala kantor.

Surat pernyataan yang ditandatangani di atas meterai dan diketahui oleh lurah/kepala desa setempat (bagi penumpang yang tidak mewakili lembaga pemerintah atau swasta).

Surat pernyataan rujukan dari rumah sakit (bagi pasien yang akan melakukan pengobatan di tempat lain).

Surat keterangan kematian dari tempat almarhum/almarhumah (bagi penumpang dengan kepentingan mengunjungi keluarga yang meninggal dunia).

Surat keterangan dari universitas atau sekolah (bagi mahasiswa atau pelajar).

Reporter: Syahril Hantono
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas