Home Palu

Unismuh Palu Siapkan Jatah PDM dan PDA

48
Rajindra. (Foto: Ist)
  • Penerimaan Mahasiswa Baru

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 tetap menyediakan jatah bagi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) di setiap kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tengah.

Menurut Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra MM, untuk jatah yang diberikan masing-masing kabupaten sebanyak dua orang.PDM dapat mengirim satu orang kader dan PDA dapat juga mengirim satu orang kader, agar setiap kabupaten atau kota dapat memenuhi jatahnya dua orang.

“Dalam pembagian jatah tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun sebelumnya hanya PDM yang mendapatkan jatah, PDA di setiap kabupaten/kota tidak mendapatkan. Untuk itu tahun ini disepakati PDM dan PDA mendapatkan jatah,” ujar Rajindra, belum lama ini.

Rajindra mengatakan, utusan daerah akan mendapatkan fasilitas gratis biaya pendaftaran, serta mendapatkan fasilitas bebas biaya pendidikan selama mereka mengenyam pendidikan di Unismuh Palu, dengan catatan, setelah menyelesaikan pendidikannya di kampus ini, harus kembali ke daerah untuk mengembangkan amal usaha Muhammadiyah yang ada di daerahnya masing-masing.

“Selain itu, mereka juga mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan gratis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Siti Fadila Supari, selama mereka mengenyam pendidikan di kampus ini,” ungkapnya.

Kata Rajindra, yang tidak ditanggung oleh kampus itu hanya biaya hidup bersangkutan di Kota Palu, seperti tempat tinggal dan biaya makan, karena kesehatan mahasiswa ditanggung oleh kampus, asalkan mau kuliah.

“Itupun, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa utusan daerah ini tetap mendapatkan perhatian khusus dari kampus terkait biaya hidup, karena tetap dicarikan dana dari jaringan-jaringan kampus yang ada, seperti perbankan dan sebagainya,” katanya.

“Saya tetap carikan itu, sebagaimana (tahun) sebelum-sebelumnya, namun bantuan ini tidak terikat, artinya kalau dapat dikasih, kalau tidak, ya sabar,” ungkapnya.

Rajindra mengatakan, untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini bukan hanya mahasiswa utusan daerah yang mendapatkan fasilitas khusus dari kampus, melainkan juga bagi lulusan SMA dan SMK Muhammadiyah.

“Bagi lulusan SMA/SMK dari Muhammadiyah juga dapat fasilitas gratis pendaftaran, bagi yang mahasiwa baru memiliki prestasi akademik mulai dari peringkat 1 sampai beringkat 10,” katanya.

Untuk itu, kata dia, sangat diharapkan lulusan dari SMA dan SMK Muhammadiyah memanfaatkan fasilitas tersebut, karena bukan hanya sekadar fasilitas gratis mendaftar, melainkan juga gratis pelayanan kesehatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Siti Fadila Supari, selama mereka mengenyam pendidikan di kampus ini.

“Bahkan  jika beruntung, peluang untuk mendapatkan beasiswa sangat tinggi, mengingat kampus ini juga memberikan fasilitas beasiswa bagi mahasiswa yang kurang beruntung dari segi ekonomi,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas