Home Palu

2.505 Kuota KIP Kuliah Untad

83
Lukman Nadjamudin. (Foto: Dok)
  • Rp700 Ribu Perbulan, Selama Empat Tahun

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) mendapat kuota Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebanyak 2.505 orang. Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Dr Lukman Nadjamudin, mengungkapkan dari kuota tersebut sebanyak 503 orang sudah terisi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Sebanyak 503 orang pendaftar lewat jalur SNMPTN sudah diumumkan lulus verifikasi administrasi calon penerima KIP Kuliah di Untad,” ungkap Lukman, Rabu, 27 Mei 2020.

Diketahui, KIP Kuliah merupakan program yang digagas Presden Jokowi menggantikan Bidikmisi. Dengan tujuan yang sama, KIP Kuliah diperuntukkan sebagai bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik.

Dia mengatakan nantinya mahasiswa yang mendapat KIP Kuliah akan menerima bantuan sebesar Rp700 ribu perbulan, selama empat tahun atau delapan semester. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang dinyatakan lulus verifikasi administrasi harus melakukan registrasi secara online.

Calon penerima KIP Kuliah diwajibkan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan yaitu mengisi biodata, pas foto ukuran 3 x 4, scan/foto kartu keluarga asli, dan surat pernyataan bermaterai dilengkapi tandatangan.

Kata Lukman, untuk penentuan akhir mahasiswa calon penerima KIP Kuliah melalui survei lapangan. Tim yang ditunjuk nantinya melakukan survei lapangan ke rumah-rumah calon penerima KIP Kuliah. Namun untuk jadwal survei lapangan masih harus menyesuaikan dengan perkembangan pandemi virus corona (Covid-19) di daerah ini.

“Apabila dari survei tersebut tidak sesuai dengan dokumen yang yang diupload calon penerima, bantuan KIP Kuliah akan dihentikan,” ujar Lukman.

Lukman menambahkan sisa kuota KIP Kuliah Untad akan diisi melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan dibuka mulai Juni mendatang. Berdasarkan Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT, pendaftaran SBMPTN rencananya mulai 2 sampai dengan 20 Juni 2020.

Penjadwalan tersebut setelah sebelumnya sempat ditunda dampak pandemi virus corona (Covid-19). Pendaftaran SBMPTN akan dilakukan satu kali dengan pendaftaran UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yakni 2-20 Juni 2020.

“Saya berharap semua mahasiswa yang mendapat bantuan KIP Kuliah harus sungguh-sungguh. Jangan menyianyiakan kesempatan, harus kuliah dengan baik dan sungguh-sungguh,” pungkas Lukman.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas