Home Palu

Untad Tunggu Respons Calon Wisudawan

71
Prof Mahfudz. (Foto: Dok)
  • Rektor: Jadwal Wisuda Online Belum Ditentukan

Palu, Metrosulawesi.id – Rencana wisuda angkatan ke-101 Universitas Tadulako (Untad) secara online masih menunggu respons calon wisudawan. Rektor Untad, Prof. Dr. H. Mahfudz, menyebutkan belum ditentukan jadwal wisuda online tersebut.

“Kami mau lihat responnya calon wisudawan ini, mau tidak memasukkan foto-fotonya dan segala macam. Kita lihat dulu kalau memang banyak yang berminat, ya kita buka online,” ujar Mahfudz, Selasa, 12 Mei 2020.

Menurutnya, langkah itu diambil pihak kampus karena saat ini pandemi COVID-19 masih melanda wilayah Indonesia, termasuk di Provinsi Sulteng, dan belum diketahui kapan akan berakhir. Seremoni wisuda ke-101 Untad sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada bulan Maret 2020 yang lalu.

Mahfudz menekankan bahwa prosesi wisuda hanya merupakan sebuah seremoni dan tradisi kampus, yang tidak menjadi syarat utama agar wisudawan mendapatkan ijazah. Meski belum melaksanakan wisuda, Mahfudz menyebutkan ijazah telah dikeluarkan dan dibagikan kepada para sarjana.

“Itu kan hanya seremoni. Kita kan tidak jadikan persyaratan ijazah itu keluar setelah wisuda, sekarang ini ijazah sudah terbagi semua, jadi tuntutan haknya tetap kita penuhi. Cuma ada juga yang mengharapkan bahwa itu (wisuda) menjadi kenangan dia. Urgensinya kan di situ, hanya seremoni dan menjadi tradisi kampus. Itu yang coba kita jaga, kalau online bagaimana dengan mereka, mau tidak mereka terima,” tandas Mahfudz.

Sebelumnya, Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Dr Lukman Nadjamuddin, menjelaskan wisuda diputuskan secara oniline dampak pandemi Virus Corona (Covid-19) yang masih mewabah.

“Keadaan yang mengharuskan wisuda harus digelar secara online. Ini keputusan Rektor bersama Ketua Senat Untad,” ungkap Lukman kepada Metrosulawesi, Kamis, 7 Mei 2020.

Dia mengatakan ada sekitar 1.600 orang calon wisudawan yang telah terdaftar mengikuti wisuda ke-101. Namun Lukman belum bisa memastikan waktu pelaksanaan wisuda online yang untuk pertama kali digelar Untad.

Secara teknis, wisuda online nantinya hanya dihadiri oleh Rektor, Ketua Senat, dan para Dekan. Prosesi wisuda kemudian dilakukan secara virtual dengan menampilkan foto wisudawan satu persatu di monitor. Sementara para wisudawan menyaksikan dari rumah masing-masing melalui live streaming media sosial.

Olehnya diimbau kepada semua calon wisudawan segera mengirimkan foto berwarna dengan memakai toga dan baju wisuda lengkap. Foto dimaksud harus diupload ke laman webiste wisuda.untad.ac.id.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas