Home Palu

Guru Diharap Beri Nilai Sesuai Fakta

71
Ansyar Sutiadi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi, mengungkapkan, mekanisme penilaian kepada siswa diserahkan ke pihak sekolah melalui dewan guru.

“Sebab yang mengetahui siswanya itu aktif belajar selama di rumah adalah guru yang selalu mengontrol, baik itu secara daring (online) maupun offline (luring),” kata Ansyar, saat dihubungi Metro Sulawesi, Senin, 11 Mei 2020.

Menurut Ansyar, ada beberapa item yang akan dikumpulkan guru menjadi sebuah nilai, baik itu untuk kenaikan kelas maupun kelulusan siswa.

“Secara teknis kami sudah sampaikan kepada para kepala sekolah untuk dilanjutkan kepada guru, sehingga ada beberapa item penilaian untuk siswa, ada yang berdasarkan portofolio, ada juga penilaian lainnya,” ujarnya. 

Selain itu, kata Ansyar, terkait ujian online, memang ada beberapa sekolah melaksanakannya, dan ujian itu dibolehkan, kemudian sekolah juga dapat mengambil nilai siswa dari ujian tersebut.

“Jadi sudah ada aplikasi dan rumus untuk  penilaian, sehingga betul-betul nanti didapatkan hasil objektif terhadap prestasi anak-anak tersebut selama proses belajar mengajar, baik sebelum maupun sesudah Covid-19,” jelasnya.

Kata dia, untuk kelulusan SMP dilaksanakan pada 5 Juni sementara SD 15 Juni, rencananya pengumuman kelulusan digelar secara online.

“Kami berharap pengumuman kelulusan dilaksanakan secara online, nanti silahkan sekolah melakukan modifikasi, sehingga tidak ada peserta didik yang kumpul di sekolah, begitupun penerimaan raport,” ungkapnya.  

Ansyar mengimbau kepada para siswa mengikuti pembelajaran dari rumah dengan baik, tidak perlu khawatir terhadap nilainya.

“Pasti bapak dan ibu guru memberikan yang terbaik kepada para peserta didik, selama betul-betul melaksanakan tugas dan belajar dari rumah,” katanya.

“Kami berharap penilaian yang diberikan ke siswa secara fakta yang ada, agar betul-betul terjaga kualitas kelulusan siswa tersebut,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas