Home Palu

Wisuda ke-101 Untad Digelar Online

136
Lukman Nadjamuddin. (Foto: Ist)
  • Lukman: Kami Harap Wisudawan Maklum

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) akan menggelar wisuda ke-101 secara online. Wisuda diputuskan secara online dampak pandemi Virus Corona (Covid-19) yang masih mewabah.

“Keadaan yang mengharuskan wisuda harus digelar secara online. Ini keputusan Rektor bersama Ketua Senat Untad,” ungkap Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Dr Lukman Nadjamuddin, kepada Metrosulawesi, Kamis, 7 Mei 2020.

Dia mengatakan ada sekitar 1.600 orang calon wisudawan yang telah terdaftar mengikuti wisuda ke-101. Namun Lukman belum bisa memastikan waktu pelaksanaan wisuda online yang untuk pertama kali digelar Untad.

“Karena ini sudah mau dekat lebaran, jadi belum bisa dipastikan waktu pelaksanaannya,” ujar Lukman.

Secara teknis, wisuda online nantinya hanya dihadiri oleh Rektor, Ketua Senat, dan para Dekan. Prosesi wisuda kemudian dilakukan secara virtual dengan menampilkan foto wisudawan satu persatu di monitor. Sementara para wisudawan menyaksikan dari rumah masing-masing melalui live streaming media sosial.

Olehnya diimbau kepada semua calon wisudawan segera mengirimkan foto berwarna dengan memakai toga dan baju wisuda lengkap. Foto dimaksud harus diupload ke laman webiste wisuda.untad.ac.id.

Mewakili Rektor Untad, Lukman mengharapkan kepada semua calon wisudawan dapat memaklumi keputusan wisuda online. Disadari keputusan tersebut memang dilematis bagi universitas.

“Tapi mau bagaimana lagi karena kita tidak tahu kapan berakhir wabah Covid-19. Makanya kami harap wisudawan maklum,” ucapnya.

Mantan Dekan FKIP itu menuturkan wisuda online untuk melengkapi sahnya wisudawan menjadi alumni Untad. Adapun ijazah telah diterima masing-masing wisudawan melalui fakultas.

Tak hanya wisudawan 101, keputusan serupa juga akan berlaku bagi lulusan Untad angkatan ke-102. Keputasan ini diberlakukan dengan catatan apabila Virus Corona masih mewabah di daerah Sulteng.

“Wisuda ke-101 seharusnya digelar bulan Maret lalu, tapi karena pandemi Covid-19 belum kunjung terlaksana. Dari itu, pak Rektor bersama Ketua Senat memutuskan digelar secara online saja,” pungkas Lukman.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

1 COMMENT

  1. Assalamalaikumwarhmatulahiwabarakatu mahasuci Allah SWT yang mana insaallah kita diberikan nikmat kesehatan untuk bisah beraktifitas …
    saya selaku alumni Untad yang mana disini saya pribadi rencana insaallah akan melakukan pendaftar wisuda pada angkatan 102 merasa sedih..dimana ditengga wabah korona akan diselengaraka wisudah 101 Untad secara online yang mana hal tersebut tidak menutup kemungkinan calon wisudawan angkatan 102 akan melakukannya juga jika situasi masih belum kondusif akibat korona…saya pribadi berharap Bapak Rektor berserta instansi terkait memikirkan kembali tentang wisuda online…karna saya banyak melihat dimedia seperti WA, FB dan IG banyak seruan aksi menolak wisuda online..hal tersebut coba saya tanyakan kepada beberapa Mahasiswa calon wisudawan mengapa melakukan demikian..jawabanya wow 😮 : penolakan kami tentunya bukan hal yang spele bagi sebagian orang..tapi kami menyayangi keputusan Birokrasi yang menurut kami sangat mengecewakan..karna ketika Wisudah online digelar…pasti banyak mahasiswa yg terkendala dengan sinyal karna wisuda online tersebu akan dilakukan live dikediaman masing masing.dan juga pembayaran wisuda yg terkesan tdk sepadan dgn wisudah online yang nanti akan digelar ( tutur dari beberapa sempel lapangan)
    Hal ini menimbulkan dilema dari seluru civitas kampus dan calon wisudawan 101. Berdasarkan angket persen yg sempat saya liat dari beberapa Mahasiswa yang menolak Wisudah Online ada sekitar 84% Mahasiswa yang menolak digelarnya wisudah online.

Ayo tulis komentar cerdas