Home Palu

Duta Baca Sulteng Bagi Masker Gratis dan Flyer

122
BANTUAN - Duta Baca Provinsi Sulawesi Tengah, Asrianti, saat membagikan bantuan kepada salah satu warga yang menjual di pinggir jalan belum lama ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Duta Baca Provinsi Sulawesi Tengah, Asrianti, membagikan sejumlah masker dan flyer tentang lima langkah mencegah Covid-19 dari rumah tangga. Bantuan itu diberikan kepada sejumlah masyarakat pengguna jalanan, seperti para penjual di pinggiran jalan, pengendara motor dan mobil, serta warga Pasar.

“Jadi isi dari flyer itubahasanya saya sederhanakan dengan mengambil acuan dari Kementerian Kesehatan RI, karena untuk menyadarkan masyarakat itu sebenarnya salah satunya adalah dengan literasi atau mereka harus membaca,” jelas Asrianti, melalui ponselnya, Minggu, 3 Mei 2020.

Kata Asrianti, untuk tema yang diangkat dalam aksi ini yakni “Melawan Covid-19 Palu Kana Mo Mbasa”.

“Untuk jumlah masker dan flyer yang saya bagikan itu sekitar 100 lembar, dan pembagiannya itu kemarin, baru saya bagikan di tiga titik lokasi diantaranya penggaraman Talise, lampu merah di Jalan Juanda, kemudian di Pasar,” ujarnya.

Asrianti berharap, Covid-19 ini bisa berakhir, sehingga masyarakat dapat beraktivitas kembali seperti semula.

“Kenapa Palu Kana Mo Mbasa saya angkat ?, karena salah satu penelitian membuktikan bahwa dengan membaca aktivitas kita itu berkurang selama 60 persen dari aktivitas lainnya. Jadi saya berharap kita di rumah itu harus menjadi masyarakat literat, artinya betul-betul mengetahui berita-berita mana yang benar-benar bisa dijadikan acuan, bukan berita hoaks,” jelasnya.

Asrianti mengatakan, berita hoaks akan menjadikan diri sendiri panik. Olehnya itu, sebaiknya masyarakat Kota Palu, dan Sulteng pada umumnya, agar pandai-pandai mencari informasi yang betul-betul aktual, makanya harus membaca.

“Kemudian selain membagikan masker dan flyer, saya juga membagikan beberapa bantuan  sembako kepada warga yang ada di jalanan, salah satu program Duta Baca, saat ini juga yakni membuka jejaring kerjasama dengan lintas Kementerian/Lembaga dalam pemberdayaan kegemaran membaca di masyarakat,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas