Home Sulteng

Link Covid-19 Hanya Berbasis Website

203
Ahfan Halim. (Foto: Ist)
  • Diskominfo: Dalam Bentuk Aplikasi Belum Tersedia

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Sulteng, Ahfan Halim, mengungkapkan sampai saat ini link khusus penanganan penyebaran virus corona (Covid-19) di Sulawesi Tengah hanya berbasis website. Link dimaksud yaitu http://corona.sultengprov.go.id.

“Dalam bentuk aplikasi yang dapat didownload di playstore belum kami sediakan, karena yang kita harapan wabah Covid-19 ini cepat berakhir dan tidak berlarut-larut,” ungkap Ahfan, Rabu, 22 April 2020.

Dia menjelaskan link http://corona.sultengprov.go.id menyediakan informasi terbaru grafik penyebaran Covid-19 se-Sulawesi Tengah. Selain itu, tersedia informasi lainnya berupa penjelasan tentang Covid-19, penularannya, dan pertanyaan yang sering disampaikan oleh masyarakat seputar Covid-19.

Ahfan mengatakan dengan mempertimbangkan pembuatan website http://corona.sultengprov.go.id dalam bentuk aplikasi yang membutuhkan waktu, sehingga sementara waktu belum tersedia di playstore.

“Jangan sampai nantinya pengembangan aplikasi kita lakukan, wabah Covid-19 sudah berakhir,” ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya bersama instansi lain yang tergabung dalam Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulteng masing-masing berkontribusi sesuai tupoksi, misalnya yang bersentuhan langsung dengan pasien ditangani oleh Dinas Kesehatan, kemudian yang berhubungan dengan bantuan sosial masyarakat akibat dampak wabah Covid-19 ditangani oleh Dinas Sosial.

“Kami dari Diskominfo hanya fokus pada diseminasi informasi dan fasilitasi perangkat IT saat video confrence,” pungkas Ahfan.

Sebelumnya, Kepala Diskominfo Provinsi Sulteng, Faridah Lamarauna, mengungkapkan website http://corona.sultengprov.go.id dikembangkan Tim Aptika Bidang Pengelolaan E-Government Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulteng.

“Website ini bertujuan untuk menginformasikan keadaan penyebaran virus corona teraktual. Termasuk untuk informasi rumah sakit rujukan provinsi dan kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah, serta edukasi bagi masyarakat tentang virus Covid-19 dan bagaimana cara memutus penyebarannya,” ungkap Faridah, Minggu, 19 April 2020.

Faridah menerngkan untuk update data akan diinput oleh admin website dengan kerjasama yaitu, Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng,  Biro Humas Setdaprov, BPBD provinsi dan Dinas Kominfo Provinsi Sulteng.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

1 COMMENT

Ayo tulis komentar cerdas