Home Palu

Kepsek Diimbau Waspada Soal Aksi Penipuan

100
H Ansyar Sutiadi. (Foto: Dok Metrosulawesi)
  • LPMP Tidak Beri Bantuan KIS untuk Siswa

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, mengimbau, kepada seluruh kepala sekolah agar berhati-hati atas maraknya aksi penipuan di tengah wabah covid-19.

“Kami ingin sampaikan bahwa mulai maraknya aksi penipuan di tengah wabah covid-19, yang mengatasnamakan LPMP dengan memfasilitasi bantuan dana KIS untuk siswa. Perlu diketahui bahwa hal tersebut tidak benar,” tegas Ansyar, melalui ponselnya, belum lama ini.

Kata Ansyar, LPMP telah menyampaikan pesan kepadanya bahwa orang yang mengatasnamakan itu tidak benar adanya.

“LPMP juga meminta kepada seluruh kepsek se-Kota Palu untuk tidak merespon hal-hal yang demikian. Mohon diimbau untuk tidak meladeni telefon tersebut,” katanya.

Salah satu SMP di Kota Palu, pada Selasa kemarin , mengalami percobaan penipuan berkedok Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dengan modus meminta data siswa yang katanya akan dijadikan rujukan penyaluran KIS.

Menurut kepsek yang enggan disebutkan namanya itu, aksi penipuan itu bermula dengan adanya seseorang yang menelpon dan meminta data dapodik para peserta didik untuk menjadi acuan usulan penerima KIS.

“Dia juga meminta data NISN, tempat tanggal lahir, data orang tua, pekerjaan dan nomor telepon, kemungkinan besar data-data tersebut akan menjadi referensi oleh oknum untuk melakukan aksi penipuan kepada orangtua peserta didik,” katanya.

Untung saja, kata dia, permintaan data tersebut tidak langsung diberikan kepada si penelfon. Dia  kemudian langsung mengkonfirmasi kepada LPMP Sulteng, dan ternyata pihak LPMP tidak pernah memfasilitasi pendataan KIS.

“Konfirmasi dari pihak LPMP yang dikirim oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi di grup WA info pendidikan Kota Palu menegaskan bahwa LPMP tidak memiliki domain terhadap pendataan KIS,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas