Home Palu

FTIK IAIN Palu Terapkan PPL Online

191
Dr Mohammad Idham. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Dr Mohammad Idham, mengatakan, untuk meminimalisir penyebaran virus corona (covid-19), program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di FTIK saat ini dilaksanakan secara online.

Menurut Idham, mahasiswa PPL cukup membuat video cara mengajar di rumah masing-masing, seakan-akan tengah mengajar peserta didik di dalam kelas. Hasil rekaman video tersebut yang menjadi bahan penilaian guru pamong sekolah, dimana mahasiswa tersebut ditempatkan secara formal.

“Dari hasil penilaian guru pamong itu, selanjutnya akan menjadi bahan laporan mahasiswa bersangkutan untuk dinilai oleh Dosen Pembimbing,” kata Idham, melalui ponselnya, belum lama ini.

Kata Idham, sebanyak 88 mahasiswa FTIK IAIN Palu telah mendaftarkan diri sebelum akhir Maret kemarin untuk mengikuti program PPL itu.

“Program PPL kita harus tetap melaksanakan, karena itu kewajiban yang harus dituntaskan oleh mahasiswa,” ujarnya.

Idham mengatakan, mahasiswa yang mendaftar harus segera menuntaskan program PPL, karena sudah terancam Drop Out (DO).

“Yang mendaftar PPL secara online itu ada mahasiswa semester delapan, bahkan ada yang sudah terancam DO. Makanya kita harus segera turun, karena memang kalender akademik akhir Maret kemarin itu semestinya sudah turun,” ungkapnya.

Menurut Idham, saat ini panitia tengah menyiapkan administrasinya sebelum menurunkan peserta PPL, termasuk harus kembali menghubungi semua sekolah yang sebelumnya sudah dihubungi, mengingat kondisi saat ini sangat jauh berbeda dari bulan-bulan sebelumnya.

“Ke-88 mahasiswa itu nantinya akan ditempatkan pada sejumlah sekolah di Kota Palu, dan akan diupayakan tidak melebihi dari 10 sekolah, untuk memudahkan proses komunikasi dan koordinasi antar Dosen Pembimbing, Mahasiswa, dan Guru Pamong,” jelasnya.

Kata dia, dosen pembimbingharus betul-betul aktif, karena hal ini sangat berbeda kondisinya dari sebelumnya.

Sementara itu, Kasubag Akma dan Alumni FTIK IAIN Palu, Mohdar menambahkan, selama peralihan kuliah dari kampus ke rumah melalui daring, pelayanan administrasi mahasiswa tetap jalan sebagaimana biasa, hanya yang membedakan adalah dari manual ke daring.

“Semuanya dilayani secara online (email), seperti persyaratan PPL, Ujian Proposal, hasil, skripsi dan sebagainya, semuanya tetap jalan,” kata Mohdar.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas