Home Palu

Pemkot Sediakan 30 Liter Bahan Disinfektan Aman Bagi Tubuh

93
Wali Kota Palu, Hidayat. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Wali kota Palu, Drs. Hidayat, M.Si berharap kepada seluruh komponen maupun kelompok masyarakat untuk memenuhi prosedur penanganan pencegahan virus Covid-19 atau Corona khususnya dalam penyemprotan disinfektan.

Hal ini disampaikan Hidayat saat ditemui usai rapat koordinasi Pos Lapangan Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Covid-19 di ruang kerjanya, Sabtu, 4 April 2020.

“Saya melihat cukup banyak kelompok-kelompok masyarakat ini membantu, terutama dalam hal penyemprotan disinfektan. Tentunya itu harus dengan prosedur yang betul dan campuran cairan disinfektan harus betul-betul aman,” ungkapnya.

Hidayat mengatakan, pihaknya tidak ingin niat baik yang dilakukan oleh komponen maupun kelompok masyarakat justru menjadi masalah lain di kemudian hari.

“Saya, sebagai Pemerintah Kota Palu sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang saling bahu-membahu dalam rangka bersama-sama mencegah penyebaran virus Covid-19. Karena memang tidak mungkin pemerintah sendiri yang menangani ini,” katanya.

Hidayat mengungkapkan, pihaknya telah memesan 30 liter bahan disinfektan yang aman bagi tubuh manusia sesuai anjuran Balai POM saat berkoordinasi dengan dirinya beberapa waktu lalu.

“Ada bahan-bahan yang harus betul-betul safety untuk penyemprotan disinfektan. Mengingat WHO tidak merekomendasikan untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke badan manusia. Sekarang bahan disinfektan sebanyak 30 liter aman bagi tubuh manusia, sementara dalam perjalanan. Balai POM yang akan meramu,” jelasnya.

Menurut Hidayat, dari 30 liter tersebut akan dibuatkan sebanyak mungkin cairan disinfektan yang akan dicampur atas kerjasama dengan Balai POM.

“Dari 30 liter bahan akan menjadi 6.000 liter cairan disinfektan. Itulah yang akan kita bagi-bagi,” jelasnya.

Oleh karena itu, Hidayat mengimbau kepada seluruh komponen maupun kelompok masyarakat yang akan melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini dapat berkoordinasi dengan pemerintah atau pihak Balai POM maupun PMI.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas