Home Palu

Bandara Usulkan Pembatasan Jam Operasional

128
Bandara Mutiara SIS Aljufri. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Meningkatnya penyebaran wabah virus corona (Covid-19) berdampak pada penurunan trafik penerbangan, termasuk di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu.

Menanggapi halini, pihak bandarapun mengajukan usulan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk pembatasan jam operasional bandara. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu Ubaedilah.

“Ya intinya ada pengurangan jam operasional bandara seiring dengan penurunan traffic,” kata Ubaedillah saat dikonfirmasi, Ahad 5 April 2020.

Usulan tersebut dilayangkan pihak bandara berdasarkan hasil rapat koordinasi Pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19 di Sulawesi Tengah bersama Walikota Palu dan unsur pada akhir bulan lalu.

Pemerintah tengah berupaya untuk memperketat pengawasan penumpang yang masuk ke Kota Palu, dengan membentuk posko kesehatan di enam titik, termasuk di Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu.

Untuk mengefektivitaskan tim posko tersebut, perlu pula pembatasan jam operasional bandara. Hal itu juga sesuai dengan arahan Gubernur Sulawesi Tengah.

Selain itu, trafik jumlah penumpang juga mengalami penurunan. Sehubungan dengan hal tersebut, pihak bandara juga telah melakukan rapat koordinasi dengan maskapai dan stake holder terkait usulan pembatasan jam operasional bandar udara yang semula beroperasi pada pukul 06.00 hingga 00.00 Wita (22.00-16.00 UTC) menjadi pukul 06.00 hingga 19.00 Wita ( 22.00-11.00 UT).

Untuk mengantisipasi masuknya wabah virus corona lewat bandar udara, pihak Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu juga mewajibkan para petugas bandara menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker. Termasuk menyediakan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer di beberapa titik di terminal bandara.

Reporter: Tahmil Burhanuddin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas