Home Sulteng

Sulteng Dapat Jatah 36.689 Kartu Pra Kerja

3907
Joko Pranowo. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Pekerja/Buruh Terdampak Covid-19 Bisa Daftar

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulteng melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bergerak cepat menanggulangi dampak virus corona (Covid-19) terhadap pekerja/buruh di daerah ini.

Kepala Bidang Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Sulteng, Joko Pranowo, mengungkapkan pihaknya melalui Kepala Dinas, Arnold Firdaus, telah mengirim surat permintaan data pekerja/buruh terdampak Covid-19 ke kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah. Data tersebut nantinya menjadi rujukan pemerintah dalam menyalurkan bantuan melalui program Kartu Pra Kerja.

“Provinsi Sulawesi Tengah mendapat jatah Kartu Pra Kerja sebanyak 36.689 pekerja/buruh,” ungkap Joko kepada Metrosulawesi, Kamis, 2 April 2020.

Dia mengatakan yang berhak mendapatkan Kartu Pra Kerja yaitu para pencari kerja muda dan pekerja/buruh terdampak Covid-19. Dampak yang dimaksud yaitu terkena PHK atau di rumahkan perusahaan.

Pekerja/buruh juga bisa melakukan pendaftaran secara mandiri dengan mengirim data nama perusahaan, alamat perusahaan, nama pekerja, alamat pekerja, nomor KTP/NIK pekerja, jabatan, nomor handphone, dan email. Data tersebut dikirim dalam bentuk file microsoft excel ke email phiwasnakerprop.sulteng@yahoo.co.id atau whatsapp 0813 4102 1971.

Pendaftaran program pemerintah pusat ini dilakukan paling lambat pada Sabtu, 4 April 2020. Setelah pendaftaran, pekerja/buruh yang dinilai layak mendapat Kartu Pra Kerja akan mengikuti pelatihan secara online pada 8-10 April.

“Jadi nanti nama-nama yang sudah daftar kami setor ke Kementerian Ketenagakerjaan yang sekanjutnya diteruskan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sebagai leading sektor program ini. Nanti akan dihubungi pekerja/buruh yang sudah masuk nama-namanya,” ucap Joko.

Setelah mengikuti pelatihan, pekerja/buruh akan mendapat bantuan dana yang di transfer langsung kepada penerima. Namun Joko belum mengetahui pasti besaran dana yang akan diterima pemegang Kartu Pra Kerja.

“Kami hanya menindaklanjuti Surat Edaran Jenderal Kementerian Ketenagkerjaan Nomor 1/241/HK.00.00/III/2020. Pasti nanti akan dihubungi itu kalau semua persyaratan sudah lengkap,” pungkas Joko.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

4 COMMENTS

Ayo tulis komentar cerdas