Home Politik

Ketua DPRD Dukung Pemangkasan Anggaran

96
Ketua DPRD Sulteng, Nilam Sari Lawira menggunakan hand sanitizer untuk memutus rantai penyebaran covid-19. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Merespons situasi terkini penanganan Covid-19, Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira mengapresiasi langkah cepat dan tanggap Gubernur Sulteng, Longki Djanggola dalam kerja penanganan Covid-19 di Sulteng. Nilam Sari melihat sejauh ini sudah menunjukan kemajuan yang signifikan. Upaya yang telah dilakukan Pemda Sulteng telah memberi dampak yang berarti dengan semakin membaiknya dua pasien positif Covid-19.

Sebagai upaya mempercepat proses penanganan Covid-19, Nilam sari mendukung realokasi anggaran yang sudah diputuskan Pemda. Pemangkasan biaya perjalanan dinas semua OPD sebesar 50 persen adalah keputusan baik yang diambil pemerintah demi tersedianya dukungan anggaran.

“Saya sebagai pimpinan DPRD tentu mendukung semua upaya itu dan saya yakin teman-teman fraksi juga mendukung, karena ini dalam rangka agenda kemanusiaan untuk membantu pembiayaan atas dampak kebijakan penanganan Covid-19,” ujar Nilam Sari, Kamis 2 April 2020.

Memangkas perjalanan dinas adalah salah satu isu yang digulirkan daerah lain, itu sah-sah saja. “Dari awal kita mengharapkan realokasi anggaran secara komprehensif berdasarkan pedoman Peraturan Menteri Keuangan. Bukan menunjuk dua atau tiga item tertentu dari kegiatan yang perlu di realokasi,” lanjutnya.

Terkait dengan pemangkasan perjalanan dinas DPRD Sulteng, masih dalam tahap proses persetujuan fraksi-fraksi di DPRD. Biar bagaimanapun pemangkasan anggaran berkaitan dengan kerja-kerja DPRD harus mendapatkan persetujuan dari semua fraksi yang ada, tentunya setelah meninjau usulan realokasi yang akan diajukan oleh TAPD nantinya.

“Khusus Fraksi Nasdem Sulteng, sudah menyetujui pemangkasan 50 persen anggaran perjalanan dinas,” tegas politisi Nasdem itu.

Semua rincian realokasi nantididasarkan pada kalkulasi pembiayaan yang di butuhkan. Tentu dari penilaian risiko oleh satgas Covid-19 yang akan dituangkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah
(TAPD).

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas