Home Palu

Dua PDP Bakal Karantina di Rumah

177
drg Herry Mulyadi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu, dr Hery Mulyadi, mengatakan, kondisi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang saat ini dirawat di ruang isolasi dalam keadaan membaik.

“Hanya saja kemarin itu, ada dua PDP perpindahan dari Makassar dan sempat gawat kondisinya saat ini sudah sembuh, sehingga dalam satu dua hari ini akan dikeluarkan untuk melanjutkan isolasi di rumah sendiri,” kata Hery, melalui ponselnya, Rabu, 1 April 2020.

Kata Hery, menurut informasi dari dokter yang menangani kedua PDP itu, mereka sudah tidak mengalami gejala sesak nafas, atau panas tinggi serta gejala lainnya. Meskipun pasien itu statusnya PDP, bisa saja tidak dirawat di ruang isolasi, karena kondisinya sudah membaik.

“Selama di ruang isolasi, mereka yang PDP tidak diberikan obat atau vaksin corona, kerena memang belum ada. Hanya saja biasa obat penurun panas, jika tidak ada merasa demam (panas tinggi) serta sesak itu bisa karantina di rumah,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat terkadang tidak paham, seolah-olah jika seseorang itu statusnya PDP wajib masuk isolasi, padahal belum tentu. Bahkan orang yang terinfeksi Covid-19 saja masih bisa dirawat di rumah secara mandiri.

“Namun konsekuensinya mampu mengatur dirinya sendiri, karena selama di rumah terus dipantau kondisi kesehatan,” ungkapnya.

Kata dia, orang yang positif ini takut juga ingin menularkan ke orang lain, karena ingin sembuh.

“Jadi jangan berpikir orang seperti itu akan menularkan, orang sakit itu pasti disiplin, karena ingin sembuh,” katanya.

Hery mengatakan, jika memang PDP ini tiba-tiba demam atau sesak nafas maka silahkan dibawa ke rumah sakit.

“Kami saat ini masih menunggu hasil swab test dari lima PDP itu, dan kami selalu mengecek kondisi kesehatan mereka. Jumlah PDP belum ada yang betambah,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas