Home Palu

Pelayanan Administrasi Nikah Bagi Warga Palu Utara Semakin Dekat

101
Ahmad Agung Lembah. (Foto: Dok)
  • Pelayanan Tidak Lagi ke Taweli, Palu Utara telah Miliki KUA

Palu, Metrosulawesi.id – Pelayanan administrasi pernikahan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Palu Utara, Kota Palu, kini semakin dekat. Sejak awal 2019 lalu, Kecamatan Palu Utara, yang terdiri atas lima wilayah kelurahan ini telah memiliki Kantor Urusan Agama (KUA) sendiri, yang beralamat di Kelurahan Mamboro Barat.

Sebelum terjadinya pemekaran di tahun 2012, wilayah pemerintahan Kecamatan Palu Utara masih sangat luas. Bahkan wilayah Kecamatan Taweli termasuk bagian dari Palu Utara. Kala itu, urusan pemerintah Kecamatan Palu Utara lebih terpusat di wilayah Tawaeli.

“Karena kantor kecamatan termasuk kantor KUA Palu Utara semua berada di wilayah Taweli. Kita warga Mamboro, Taipa dan Kayumalue bersaudara, kalau mau urus administrasi pernikahan harus ke Tawaeli,” ungkap Rudy (45), salah satu tokoh masyarakat di Kelurahan Mamboro, yang ditemui Metrosulawesi di KUA Palu Utara, Selasa, 31 Maret 2020.

Bahkan kata Rudy, setelah kurang lebih tujuh tahun pemekaran itu terjadi, pengurusan administrasi pernikahan oleh warga dari dua kecamatan ini masih berlangsung di tempat KUA yang sama. Katanya, meski telah mekar, selama kurun waktu itu, warga dari lima kelurahan di Palu Utara, seperti warga Mamboro atau Mamboro Barat, masih harus ke Kecamatan Taweli untuk mendaftarkan pernikahan.

“Sekarang harus lebih disyukuri, apa yang kita harapkan pemerintah sudah menjawab dan mendekatkannya. Meskipun belum memadai, intinyan Palu Utara sudah ada KUA sendiri dan lebih dekat,” tutur Rudy.

Sementara itu, Kepala KUA Palu Utara, Ahmad Agung Lembah menerangkan, KUA merupakan unit kerja Kementerian Agama yang secara institusional berada paling depan dan menjadi ujung tombak pelaksanaan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat di bidang keagamaan. Dengan berdirinya KUA Kecamatan Palu Utara, artinya warga di lima kelurahan di Kecamatan Palu Utara tidak lagi harus ke Taweli.

“Adalah tujuan kita, bagaimana mendekatkan, mempermudah, dan mempercepat pelayanan itu kepada masyarakat, apalagi mengenai urusan pernikahan, khususnya bagi calon pengantin,” jelasnya.

Dia juga membenarkan, kalau KUA Palu Utara berdiri sejak awal 2019. Sejak saat itu, pelaksanaan pelayanan administrasi sudah berlangsung sebagaimana mestinya, meski dengan fasilitas yang begitu terbatas dan sederhana, hingga gedung kantor yang masih harus menyewa rumah warga.

“Meski dengan kondisi yang masih sederhana, kita tetap menyiapkan ruang untuk pelaksanaan pernikahan di KUA, dan megutamakan pelayan terbaik bagi masyarakat. Sedangkan untuk fasilitas gedung kantor baru, Insyaallah segera akan dimiliki KUA Palu Utara. Karena lokasi untuk gedung kantor sudah ada dekat kantor Kecamatan Palu Utara, di kelurahan Mamboro,” tandasnya.

Reporter: Sudirman
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas