Home Politik Pengalihan Anggaran untuk Covid-19 Harus Transparan

Pengalihan Anggaran untuk Covid-19 Harus Transparan

118
Ibrahim A Hafid. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Ibrahim A Hafid, mendukung segala upaya pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 di Sulteng, termasuk pergeseran anggaran. Ibrahim menyadari menyelamatkan rakyat Sulteng dari virus ini merupakan prioritas utama saat ini.

Karena itu, Ibrahim berharap ada rapat bersama antara eksekutif dan legislatif dalam hal ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Banggar DPRD Sulteng untuk membahas program yang anggarannya bisa dialihkan. Selain itu, juga ada transparansi pengelolaan keuangan daerah.

“Saya rasa perlu duduk bersama TAPD dan Banggar. Prinsipnya DPRD menyetujui segala upaya pemerintah dalam mencegah penularan virus corona, namun pengelolaan keuangan daerah harus tetap mendapat pengawasan dari legislatif,” tutur Ibrahim Hafid, di ruang kerjanya, Senin 23 Maret 2020.

Politisi Nasdem ini melanjutan, pemerintah wajib mengalokasikan anggaran penangan wabah ini, tetapi masyarakat juga berhak mengetahui penggunaan anggarannya. Karena itulah, harus ada rapat bersama antara TAPD dan Banggar untuk mengetahui berapa kemampuan anggaran daerah menangani masalah ini.

Ibrahim juga mendukung penuh menggeser program-program yang belum mendesak, di antaranya pembangunan fisik dan perjalanan dinas. Melihat makin meluasnya penyebaran virus ini, program antipastif pemerintah menjadi hal mendesak yang dilakukan saat ini.

“Sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat guna mencegah tidak terjangkiti corona juga perlu digalakan. Perlu edukasi yang benar kepada masyarakat, agar tidak terjadi kepanikan. Apalagi saat ini masyarakat kesulitan mendapatkan barang-barang pelindung diri seperti masker dan hand sanitizer,” tegas Ibrahim.

Karena itu, Ibrahim berharap ada pertemuan TAPD dan Banggar untuk memaksimalkan penggesaran anggaran pemerintah guna mencegah Covid-19.

Selain mendukung penggeseran anggaran, Ibrahim juga mengimbau gerakan masif dari masyarakat dalam mendukung pemerintah menangani Covid-19. Imbauan pemerintah kiranya dapat dipatuhi masyarakat demi memutus rantai penularan.

“Saya juga berharap masyarakat memberikan dukungan kepada pemerintah dengan menuruti instruksi yang telah disampaikan pemerintah. Pelu juga support masyarakat terhadap tenaga medis yang saat ini berjuang untuk kesembuhan pasien baik yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” harap Ibrahim.

Walaupun Sulteng belum ada yang positif corona, namun masyarakat harus tetap waspada dan menjalankan seluruh instruski yang diberikan.

Reporter: Elwin Kandabu
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here