Home Palu

Enam PDP Corona Usai Bepergian dari Luar Sulteng

221
dr Herry Mulyadi. (Foto: Ist)

  • RSU Anutapura Kekurangan APD

Palu, Metrosulawesi.id – Enam orang status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSU Anutapura Palu saat ini masih dalam perawatan dan kondisi cukup baik.

Plt Direktur RSU Anutapura Palu, dr Hery Mulyadi, mengatakan, kondisi baik yang dimaksudkan adalah, gejalan yang dialami para pasien itu masih seperti kemarin mengalami panas, batuk, dan flu.

“Mengenai hasil negatif atau positif, pihak RS masih menunggu dari Jakarta, kami berharap hasilnya semua negatif,” kata Hery, melalui ponselnya, Senin, 23 Maret 2020.

Hery mengatakan, terkait riwayat perjalanan enam PDP itu baru saja kembali bepergian dari luar Sulteng. Yakni: dua orang dari Surabaya, kemudian satu dari Yogyakarta, satu dari Labuan Bajo, satu dari Jakarta, dan satunya lagi dari Mamuju.

“Dari enam PDP itu dua orang status pekerjaannya pegawai swasta, mengenai nama tempat kerja yang pasti pasien merahasiakan, karena untuk menjaga tempat kerja mereka,” ungkapnya.

Selain itu, kata Hery, saat ini kendala RSU Anutapura kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis, menurutnya APD itu sudah sangat menipis. Namun kata dia, Pemkot Palu telah menyutujui semua kebutuhan tim.

Hery berharap, media sosial maupun masyarakat agar tidak membuli warga yang masuk daftar status PDP, karena belum pasti mereka terpapar Covid-19.

“Selain itu kami juga sangat berharap agar keluarga pasien dapat mematuhi aturan rumah sakit,” katanya.

Hery mengatakan, orang yang masuk dalam ruang isolasi tidak boleh dibesuk, keluarga pasien harus percayakan kepada dokter atau tim yang menanggani. Dia berharap keluarga pasien tidak maksakan diri menjeguk pasien PDP di ruang isolasi.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas