Home Palu KPU Palu Tunda Tahapan Pilkada

KPU Palu Tunda Tahapan Pilkada

90
Komisioner KPU Kota Palu, Idrus. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu merespon cepat surat edaran KPU RI terkait penundaan tahapan pelantikan Panitia Pemungutan Suaran (PPS), penundaan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, penundaan pembentukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPD) dan penundaan pemuktahiran dan penyusunan daftar pemilih.

Menurut Komisioner KPU Kota Palu, Idrus, KPU Kota Palu merespon surat edaran KPU RI dengan melakukan rapat pleno, dimana salah satu keputusannya yakni menunda pelantikan PPS sampai batas waktu yang belum ditentukan terkait penyebaran Covid 19.

“Pilihan penundaan adalah langkah paling tepat dan bijaksana dalam mencegah penyebaran Covid-19,” kata Idrus, melalui rilisnya yang diterima Metrosulawesi, Minggu 22 Maret 2020.

Atas pertimbangan itu, KPU Kota Palu menunda pelantikan PPS yang sedianya dilaksanakan Minggu pagi yakni di kecamatan Palu Barat, Tawaeli, Ulujadi, Palu Selatan dan Palu Timur, sedangkan pada Minggu soreKecamatan Mantikulore, Palu Utara dan Tatanga

“KPU Kota Palu telah mengirimkan surat kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk memberitahukan kepada undangan dan PPS alasan penundaan. Selanjutnya, KPU akan menerbitkan Keputusan terkait penetapan penundaan tahapan yang dimaksud tersebut,” tutur Idrus.

Atas sejumlah tahapan yang berdampak tersebut, KPU Kota segera berkonsultasi kepada KPU Provinsi Sulawesi Tengah serta juga akan berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Palu.

Reporter: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here