Home Palu NasDem Palu Sosialisasi Cuci Tangan di Area Publik

NasDem Palu Sosialisasi Cuci Tangan di Area Publik

70
Pengurus NasDem Kota Palu melakukan sosialisasi cuci tangan dalam rangka mengantisipasi merembaknya Virus Corona. Tampak warga mendapatkan semprotan hand sanitizer dari kader NasDem. (Foto: Ist/ Nasdem Kota Palu)

Palu, Metrosulawesi.id – Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Ungkapan ini menjadi perhatian warga dalam mengantisipasi merembaknya pandemi Covid 19 atau lebih dikenal dengan Virus Corona. Menyikapi ‘perang’ terhadap virus yang bisa mematikan itu, WHO menganjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, air yang mengalir maupun menggunakan hand santizer.

Di Kota Palu, meski belum masuk daerah terpapar positif Virus Corona, namun data warga yang berstatus Ortang Dalam Pengawasan (ODP) masih berjumlah 57 orang. Olehnya itu, sebagai bentuk antisipasi ancaman virus yang bisa mematikan penderita, DPD NasDem Kota Palu, turut menggalakkan mencuci tangan dengan hand sanitizer.

Upaya DPD NasDem Kota Palu dalam mengantisipasi dan menggalakkan pencegahan Virus Corona, berinisiasi membuat hand sanitizer sendiri. Pembuatan hand sanitizer  dengan melibatkan orang farmasi dalam meracik bahan tersebut yang berbahan dasar alkohol. Dari proses pembuatan ini, telah menghasilkan sekitar 12 liter hand sanitizer yang siap menjadi bahan untuk gerakan cuci tangan bersama warga Kota Palu.

Inisiatif gerakan cuci tangan kepada warga Kota Palu dilakukan di beberapa area publik.   Salah satunya adalah di Lapangan Walikota Palu, dan pusat pertokoan Hanasuddin. Ada 500-an warga Kota Palu telah mendapatkan manfaat cuci tangan bersih yang digelar NasDem Kota Palu.  

Antusias warga terlihat dari mereka yang mendatangi petugas DPD NasDem Kota Palu saat melakukan penyemprotan hand sanitazer terhadap warga  sebelumnya. Kegiatan ‘semprot-semprot’  ini juga diwarnai dengan edukasi kepada warga bahwa pola hidup sehatlah yang sangat dibutuhkan, yakni sering berjemur di panas matahari pada waktu pagi hari, makan vitamin c, makanan bernutrisi serta pola tidur sehat.

Giat ini pun tidak hanya berhenti saat ini, gerakan cuci tangan bersih akan dilakukan dalam beberapa pekan ke depan. Selain pembuatan hand sanitizer, kegiatan juga dilakukan dengan pembagian masker dan penyemprotan disinfektan beberapa titik rentan Kota Palu. (*)

Reporter: Djunaedi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here