Home Donggala

Bupati Kasman: Dana Stimulan Jangan Dipakai Kawin

176
FOTO BERSAMA - Bupati Donggala Kasman Lassa foto bersama usai menyerahkan dana stimulan tahap II bagi korban bencana pagi kemarin di halaman kantor bupati, Kamis 19 Maret 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)
  • Tahap II Cair untuk 20.963 Warga Donggala

Donggala, Metrosulawesi.id – Pemkab Donggala melalui BPBD Kamis 19 Maret 2020 pagi kemarin melakukan proses pencairan dana tahap II bagi korban bencana 28 September 2018 silam di halaman kantor bupati.

Proses pencairan dana stimulan tahap II ini dilakukan secara bertahap dengan memulaianya dari ibu kota kabupaten yakni Kecamatan Banawa.

“Alhamdulliah hari ini proses pencairan dana stimulan tahap II segera kita kucurkan untuk 1.338 warga Kecamatan Banawa,” kata Kepala BPBD Donggala, Akris Fatah.

“Setelah dari Banawa kita lanjut ke wilayah Banawa Tengah, kemudian Banawa Selatan dan menyusul kecamatan lainnya di wilayah pantai barat, dan kami meminta jangan ada lagi demo-demo karena proses bantuan sementara berjalan,” sebutnya.

Dijelaskannya, proses pencairan dana stimulan tahap II telah selesai dan tidak ada lagi verifikasi atau validasi data, karena seluruh data penerima telah selesai per tanggal 2 Maret 2020 dan telah dibuatkan SK Bupati kemudian dikucurkan melalui lima bank yang telah ditunjuk pemda.

“Kami telah menyelesaikan seluruh proses pendataan warga penerima dana stimulan rusak berat, ringan dan sedang. Hasilnya 20.963 warga akan menerima dana stimulan tahap II berdasarkan SK Bupati per tanggal 2 Maret kemarin. Dari 20.963 tersebut warga rusak berat sebanyak 4,237,00, rusak sedang 4,726,00, ringan 12,000,00 sehingga total penerima 20.963 akan menerima dana melalui rekening masing-masing,” tuturnya.

Setelah menyampaikan laporannya Bupati Kasman Lassa menyerahkan secara simbolis tabungan rekening pada salah satu warga kecamatan Banawa.

Sementara itu, Bupati Donggala Kasman Lassa berpesan kepada warga agar memanfaatkan dengan benar dana stimulan tahap II ini untuk memperbaiki rumah.

“Hari ini Kepala Kecamatan Banawa beserta seluruh kepala desa yang berada sembilan kelurahan dan lima desa di Kecamatan Banawa penerima beserta warga hadir di tempat ini untuk meykasikan warganya menerima bantuan stimulan tahap dua rumah rusak berat rusak sedang dan rusak ringan, saya berharap dana ini dimaksimalkan untuk kebutuhan pembangunan rumah,” kata Bupati di hadapan warga.

Dan terpenting kata Kasman lagi dana stimulan tahap II ini jangan digunakan untuk kawin lagi atau beli motor dan HP, dana yang sudah masuk ke rekening masing-masing hari ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Dana stimulan tahap dua sudah ditransfer ke rekening masing-masing. Ada 20 ribu lebih warga penerima, Banawa hari ini dengan jumlah penerima sebanyak 1.388, nemo rapake mo rongo dana stimulan (jangan dipakai kawin dana stimulan),” tekan Kasman.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas