Home Sulteng

Dispar Sulteng Sosialisasi WCSA Sasar Kwarcab Pramuka

134
SOSIALISASI - Yudhistira, selaku pemateri atau panitia WCSA Dispar Sulteng, saat memberikan sosialisasi dihadapan para anak muda, di Bumi Perkemahan Paneki, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tengah, belum lama ini menggelar sosialisasi  event Wonderful Central Sulawesi Award (WCSA) di Bumi Perkemahan Paneki.

“Kebetulan di bumi perkemahan paneki itu, ada kegiatan kemah persudaraan pramuka yang dihadiri oleh sejumlah kwartir cabang dari 13 Kabupaten/Kota se-Sulteng,” kata Yudhistira, selaku pemateri atau panitia WCSA Dispar Sulteng, Senin, 9 Maret 2020.

Yudhistira mengatakan, tujuan dilaksanakan sosialisasi ini karena yang mengikuti kemah pramuka itu rata-rata anak muda (kaum milenial), sebab, tujuan diselenggarakannya WCSA karena para anak muda ini biasanya suka membuat vlogger tentang pariwisata.

“Setelah kami kenalkan seperti apa event WCSA itu, beberapa pelajar di Bumi Perkemaham Paneki itu sangat antusias mengikuti ajang tersebut. Di acara kemah persudaraan pramuka itu, yang paling banyak hadir anak muda dari Kabupaten Banggai, dan selebihnya dari daerah lain,” kata Yudhistira.

Kata dia, untuk jumlah peserta yang mengikuti kemah pramuka itu kurang lebih 280 orang, sehingga yang mengikuti sosilisasi jumlahnya juga begitu. Dari ratusan anak muda yang hadir, tertarik mendaftar mengikuti event WCSA sebanyak 85 orang, dan yang sudah mendaftar sekitar 50 orang.

“Yang mengikuti kemah pramuka ini adalah pelajar SMA/SMK serta mahasiswa. Awalnya para pelajar ini berpikir bahwa ajang WCSA seperti ajang lainnya, dimana pemenangnya sudah disiapkan, tetapi kita menekankan sekali lagi bahwa ajang ini murni kreasi peserta, dan akan dinilai oleh Dewan Juri yang berkompeten,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Strategi Pemasaran Dispar Sulteng, Herni Herawati Abd. Gani, mengatakan, sampai saat ini jumlah pendaftar untuk mengikuti WCSA sudah mencapai 114 orang,  para pendaftar ini sudah melampirkan materi karyanya.

“Untuk waktu pendaftaran kita perpanjang hingga 28 Maret 2020, karena melihat antusias masyarakat cukup besar, sehingga kita belum tutup, masih memberikan peluang, sebab, semakin banyak yang ikut tentu semakin banyak yang berpeluang mendapatkan yang terbaik,” ujarnya.

Menurut Herni, sosialisasi WCSA ini akan terus berjalan sampai batas waktu yang ditentukan. Perlu diketahui bahwa event WCSA ini akan digelar pada 14 April 2020.

“Di hari Hnya nanti sudah acara penganugrahan untuk empat nominasi di luar Duta Pariwisata. Sebab, Duta Pariwisata ini masih akan melalui beberapa proses penilaian, seperti melakukan presentasi dan wawancara di hadapan dewan juri,” ungkapnya.

Herni berharap, dengan diadakanya event tersebut, destinasi wisata di Sulteng bisa viral dan banyak orang yang melihat keindahan Sulteng, sehingga akan berdampak pada kunjungan wisata.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas