Home Nasional

SMPN 1 Palu Wakili Sulteng ke FLN

289
Hj Farida Batjo. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

  • Farida Bangga Siswanya Tembus Nasional

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMP Negeri 1 Palu, Farida Batjo, mengaku, sangat bersyukur, karena di 2020 ini semua rencana untuk mengikutkan peserta didik berprestasi mewakili Provinsi Sulawesi Tengah mengikuti event atau perlombaan di tingkat nasional maupun internasional dapat terwujud.

“Alhamdulillah di tahun ini, sejumlah siswa kami dapat tembus ke nasional dan internasional untuk mengikuti beragam event perlombaan, diantaranya mengikuti ajang LOPI, ISPO, OSEBI, serta Festival Literasi Nasional , serta Kompetisi Matematika Nalaria Realistik yang dibuat oleh Yayasan Otak Kanan, dan Olgenas,” ujar Farida, di ruang kerjanya, Kamis, 5 Maret 2020.

Farida mengatakan, semua ajang itu sebagian telah diikuti oleh siswa SMPN 1 Palu, sebagian baru akan diikuti, seperti Festival Literasi Nasional (FLN).

“Insyaallah minggu ini, saya bersama guru pembimbing literasi serta dua siswa akan berangkat ke Kota Surakarta (Solo), Provinsi Jawa Tengah, untuk mengikuti Festival Literasi Nasional,” katanya.

Menurut Farida, kurang lebih 60 orang siswa mengikuti seleksi dengan melampirkan sebuah tulisan puisi, setelah disaring tulisan puisi itu, akan  terpilih 21 siswa, namun yang meraih juara ada tiga orang, yang akan dibawa ke tingkat nasional di Solo.

“Puisi-puisi dari siswa yang juara ini di kumpulkan dalam suatu buku yang bernama Bioma Rindu SMPN 1 Palu. Pembuatan buku ini bekerjasama dengan penulis kondang dari Malang. Jadi puisi ini akan ditampung dalam puisi finalis,” jelasnya.

Farida mengatakan, buku ini akan disatukan dengan seluruh puisi-puisi yang bakal dilombakan dari tingkat SMP se-Indonesia.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan para peserta didik dalam berliterasi. Yang kita ketahui, bahwa literasi anak-anak di Indonesia ini sangat lemah, olehnya literasi yang diluncurkan oleh Kemendikbud RI ini harus di dukung,” katanya.

Kata Farida, sebenarnya ajang literasi nasional ini sudah dua kali diikuti oleh SMPN 1 Palu, namun tahun lalu yang buat adalah Kemendikbud RI dan hasilnya, siswa SMPN 1 Palu meraih juara Cerpen Nasional.  

“Namun untuk kali ini yang membuat ajang Festival Literasi Nasional adalah Gerakan Menulis buku Indonesia, yang bekerjasama dengan Kemendikbud RI, sebab yang membuka juga adalah Mendikbud  Nadiem Makarim,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas