Home Palu

Sakinah Siap Bantu Alih Status IAIN

102
BERI DUKUNGAN - Anggota Komisi X DPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah, Hj Sakinah Aljufri (kiri) saat berbincang bersama Rektor Prof Sagaf S Pettalongi di Rektorat IAIN Palu, Kamis, 5 Maret 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Rektor: IAIN Jadi UIN Tak Mereduksi Fakultas Keagamaan

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor IAIN Palu, Prof Sagaf S Pettalongi, optimis perguruan tinggi yang dipimpinnya segera beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Hal ini disampaikan saat menerima kunjungan Anggota Komisi X DPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah, Hj Sakinah Aljufrie di Rektorat IAIN Palu, Kamis, 5 Maret 2020.

“Kami sangat optimis karena persyaratan yang dibutuhkan telah lengkap dikirim ke pusat. Saat ini proposal kami sudah berada di Kementerian PAN-RB, tinggal menunggu visitasi lapangan,” ungkap Prof Sagaf.

Dia membeberkan tim Kementerian PAN-RB didampingi perwakilan dari Kemenag akan melakukan visitasi di IAIN Palu hari ini, Jumat, 6 Maret 2020. Setelahnya akan ada tahapan penyampaian izin prakarsa kepada Persiden Jokowi.

“Tahapan-tahapan ini kami harap mendapat dukungan dari Komisi X DPR RI melalui ibu Sakinah,” ucap Rektor.

Rektor menambahkan dengan peralihan status IAIN menjadi UIN tidak akan mengurangi kualitas lulusan dalam aspek keagamaan. Selain itu, alih status juga dipastikan tidak akan mereduksi fakultas-fakultas keagamaan yang ada selama ini di IAIN.

Menanggapi hal tersebut, Sakinah mengaku secara kelembagaan siap membantu proses alih status IAIN menjadi UIN di tingkat pusat. Secara pribadi ia menyampaikan dukungan penuh dan mendorong rencana alih status tersebut segera terwujud.

“Komisi saya terkait dengan masalah pendidikan, sehingga secara tidak langsung, saya juga bisa untuk ikut memperjuangkan peningkatan status IAIN Palu. Tentunya kita harapkan apa yang diinginkan dan diperjuangkan sejak lalu yaitu alih status IAIN jadi UIN bisa secepatnya terealisasi. Kami sangat mendorong ini karena sudah digadang-gadang sejak tahun 2017,” ujar Sakinah.

Selain itu, perjuangan yang dilakukan Sakinah dalam mendukung peningkatan status IAIN, agar kualitas pendidikan di Tanah Sulawesi Tengah bisa meningkat. Itu karena menurutnya dengan menjadi UIN, akan berimplikasi pada peningkatan mutu dan layanan, serta kesempatan bagi putra-putri daerah dalam menuntut ilmu di satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri Islam di Sulawesi Tengah ini.

Jika nantinya IAIN Palu benar-benar bisa meningkat statusnya menjadi UIN, maka akan membuka fakultas umum. Hal itu kata Hj Sakinah yang juga merupakan tokoh pendidik di lingkungan Amal Usaha Alkhairaat ini, akan menjadi kunci bagi generasi muda Sulawesi Tengah, dalam menjawab tantangan masa kini dan mendatang.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas