Home Palu

KPU Palu Komitmen Sajikan Data Berkualitas

171
Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, saat membuka rapat koordinasi pemuktahiran data pemilih. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng serta pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palu terus berjalan. Salah satu yang menjadi perhatian serius Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu yakni data pemilih yang nantinya digunakan dalam pemilihan serentak September 2020.

Sebagai wujud komitmen KPU menyajikan data pemiliha berkualitas, KPU Kota Palu mulai menggandeng stakeholder guna pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Nantinya KPU akan banyak bersentuhan dengan stakeholder terkait data yang akan di mutakhirkan.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, saat rapat koordinasi dengan stakeholder KPU, Rabu 5 Maret 2020 mengatakan, data pemilih selalu menjadi persoalan di setiap pemilihan. Maka dari itu, KPU Kota Palu ingin menuntaskan persoalan data bersama stakeholder.

“KPU baru saja menuntaskan seleksi tertulis bagi calon PPS (Panitia Pemungutas Suara). Ini juga menandakan dalam waktu dekat, KPU akan melaksanakan Coklit (Pencocokan dan penelitian) data pemilih yang nantinya akan dilakukan oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP). Dalam Coklit nanti, PPDP pasti berhubungan dengan stakeholder KPU,” ujar Agussalim.

Dalam koordinasi itu, Agussalim menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri sudah memberikan DP4 (Data Penduduk Potensia Pemilih Pemilu). DP4 nantinya akan disandingkan dengan DPT pemilu terakhir Kota Palu untuk di mutakhirkan.

Hal senada juga disampaikan Divisi Data KPU Kota Palu, Idrus. Bahwa terkait pemutakhiran data, KPU akan bersentuhan dengan stakeholder utamanya Dukcapil, Lapas TNI dan Polri. KPU Juga berharap terjalin kerjasama yang baik antara KPU dan stakeholder.

“Kami ingin memberikan data pemilih berkualitas. Hal ini dapat terwujud bila terjalin kerjasama yang baik antara KPU dan stakeholder.”

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas