Home Ekonomi

Stok Beras Cukup Tiga Bulan Ke Depan

108
Amier Sube. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Bagi masyarakat Sulawesi Tengah tidak perlu khawatir karena Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sulteng memastikan pasokan beras cukup untuk tiga bulan ke depan.

Hal ini disampaikan Kabid Pengadaan dan Pelayanan Publik Divre Bulog Sulteng, Amier Sube kepada sejumlah wartawan usai kegiatan pemaparan Inflasi di Kantor BPS Sulteng, Senin (2/3/2020).

Menurutnya, pasokan beras milik Bulog kurang lebih sekitar 4 sampai 5 ton. Menjelang ramadhan, ia mengatakan Bulog akan menjaga ketersediaan kebutuhan pokok di masyarakat.

“Kalau memang persediaan dari beras lokal tidak memadai karena mungkin masalah harga, kita bisa minta dari provinsi lain yang surplus beras cukup banyak termasuk Sulawesi Selatan,” katanya.

Sementara itu, pihaknya juga mengadakan pengalihan stok dari Sulsel ke Sulteng sekitar 2.500 ton yang hingga kini masih berjalan. Sedangkan, beras tersebut dapat menekan harga yang ada dipasaran dan cukup kompetitif.

“Itu untuk konsumsi kita di Sulawesi Tengah. Apakah itu bisa digunakan sebagai beras cadangan agar dapat menekan dan membantu masyarakat dengan harga terjangkau,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan persediaan beras yang masih memadai ini maka kondisi harga beras di pasaran tetap stabil. Bahkan, lanjut dia, ketika permintaan beras meningkat pada masa Hari Raya Idul Fitri harga beras masih stabil karena pasokan lancar.

“Jadi untuk komoditi beras masih aman upaya stabilisasi harga tetap jalan,” katanya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas