Home Palu

Cegah Bullying, Kadis Imbau Kepsek Tingkatkan Pengawasan

93
H Ansyar Sutiadi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Untuk mencegah terjadinya tindakan bully (perundungan) di kalangan pelajar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi, mengimbau, seluruh kepala sekolah dan dewan guru, agar terus meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap siswanya. 

“Saya berharap setiap kegiatan atau aktivitas siswa selama berada di lingkungan sekolah perlu diawasi oleh guru,” kata Ansyar, di Palu, belum lama ini.

Ansyar mengatakan, para kepala sekolah dan guru tidak boleh lengah dalam memantau aktivitas siswanya selama mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.

“Saat ini program Tambahan Jam Pelajaran Agama (TJPA), dan Kamis, budaya menjadi prioritas Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, karena program itu dinilai sangat efektif memberikan pemahaman kepada para peserta didik untuk meningkatkan nilai toleransi,” ujarnya.

Kata Ansyar, program TJPA yang dilaksanakan di jenjang SD dan SMP, serta program penananam nilai budaya berbasis kearifan lokal di setiap sekolah bertujuan agar peserta didik memiliki pemahaman agama yang baik.  

“Selain itu meningkatkan rasa persaudaraan, toleransi, kekeluargaan, dan gotong royong sesama anak bangsa,” katanya.

Ansyar mengaku, optimis dengan dilaksanakannya program tersebut di setiap sekolah, dapat meminimalisir bahkan mencegah terjadinya tindak bullying di kalangan para pelajar.

“Saya yakin jika program itu dilaksanakan dengan baik, maka dapat mencegah bullying, bahkan tidak akan ada lagi bullying di kalangan pelajar,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas