Home Ekonomi Tabungan Faedah BRI Syariah Kini Gunakan Dua Akad

Tabungan Faedah BRI Syariah Kini Gunakan Dua Akad

92
Salah satu karyawan BRI Syariah Cabang Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Tepatnya di akhir tahun 2019, bagi nasabah tidak perlu ragu lagi karena produk tabungan Faedah milik PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah, kini telah menggunakan dua akad.

Sebelumnya cara pendanaan tabungan yang dilakukan oleh BRI Syariah hanya memakai akad Wadi’ah (titipan). Namun, sekarang ini juga ada namanya akad Al-Mudharabah.

“Kita bisa menggunakan salah satu dari akad tersebut untuk menyimpan uang kita. Jika menggunakan prinsip wadi’ah, maka tabungan akan mendapatkan keuntungan karena titipan dan bisa diambil sewaktu-waktu dengan buku tabungan atau menggunakan kartu ATM,” ungkap Pimpinan BRI Syariah Cabang Palu, Umar, Senin (24/2/2020)

Sedangkan, kata dia, jika menggunakan prinsip mudharabah, maka keuntungan yang didapat nantinya dibagi dua antara pemilik uang dan juga mudharib (bank), serta adanya masa waktu yang diberikan.

“Nasabah juga bisa memilih dari tiga kartu ATM BRI Syariah yang disediakan, diantaranya ATM Blue, Gold, dan Platinum. Terkait dengan akad yang baru ini diperkirakan sekitar 50-60% nasabah yang ikut,” terangnya.

Sementara itu, dari masing-masing kartu ATM tersebut memiliki keunggulan dari sisi Al-Mudharabah. Seperti ATM Blue setoran awal bisa Rp100 ribu. Sedangkan, untuk ATM Gold melakukan penyetoran sekitar Rp250 ribu . Begitu pun dengan ATM Platinum setoran awal Rp500 ribu.

“limit transaksi juga berbeda, kalau ATM Blue antar bank sekitar Rp25 juta, kalau sesama BRI Syariah bisa sampai Rp50 juta. Untuk Gold antar bank Rp50 juta, kalau sesama BRI Syariah sampai Rp250 juta, dan Platinum antara bank Rp100 juta, kalau sesama BRI Syariah Rp500 juta,” jelasnya.

“Penarikan uang menggunakan kartu ATM Blue bisa sampai Rp5 juta, Gold Rp10 juta, dan Platinum Rp15 jutaan,” sambungnya.

Menurutnya, saat ini cukup mudah bagi masyarakat untuk menemukan tabungan syariah yang menawarkan bebas biaya administrasi yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik.

“Kita tinggal memilih produk tabungan yang ada di bank syariah dengan akad wadiah dan kita akan mendapatkan gratis biaya administrasi setiap bulannya dari tabungan kita,” ujarnya.

Hal ini, kata dia, tentunya sangat menguntungkan karena uang nasabah tidak berkurang. Apalagi, bank atau tabungan jenis syariah saat ini banyak disukai dan dipilih untuk digunakan oleh masyarakat karena memang memiliki sistem yang berbeda dengan bank umum atau bank konvensional.

“Tidak seperti bank konvensional yang memotong uang kita tiap bulannya. Tentunya uang kita lama kelamaan akan habis jika terlalu lama disimpan dalam bank syariah,” ujarnya menambahkan.

Walaupun hampir tidak ada potongan atau tidak ada biaya administrasi, bukan berarti bank tersebut tidak memberikan pelayanan yang terbaik dengan fitur-fitur yang memanjakan para nasabah seperti yang ada pada bank konvensional.

“Fasilitas seperti kartu ATM, sms banking, internet banking, kemudahan dalam transaksi, dan fitur lainnya tetap kami disediakan untuk memberi kemudahan serta memanjakan para nasabah yang menabung di BRI Syariah,” katanya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here