Home Morowali Pemerintah dan Masyarakat Bahodopi Bersihkan Sampah

Pemerintah dan Masyarakat Bahodopi Bersihkan Sampah

87
Kegiatan bakti sosial membersihkan sampah di Kecamatan Bahodopi Morowali, Ahad 23 Februari 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Murad Mangge)

Morowali, Metrosulawesi.id – Pemerintah dan masyarakat Kecamatan Bahodopi membersihkan sampah yang berserakan di jalan di wilayah Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali menggunakan alat berat milik perusahaan. Setelah terkumpul, sampah dibawa ke tempat pembuangan yang sebenarnya.

Menurut Kepala Kantor Kecamatan (Camat) Bahodopi Tahir, kegiatan bakti sosial yang dilakukan masih dalam rangkaian memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang sudah diperingati 21 Februari dan kegiatan melibatkan semua unsur di Bahodopi.

“Kegiatan ini melibatkan pemerintah kecamatan, pihak Koramil,Polsek,TNI AL,dan Pol Airud. Juga ada rekan-rekan dari komunitas dan paguyuban kerukunan,anak-anak Mapala serta beberapa orang wartawan,” terang Tahir yang turun melakukan bakti sosial, Ahad 23 Februari 2020.

Menurutnya, kegiatan bakti sosial bukan sebuah solusi untuk menyelesaikan permasalahan sampah. Namun bagian yang lebih mengarah bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga berkeinginan membuang sampah di tempat yang sudah tersedia.

“Harapan kami adalah bagaimana permasalan sampah di Bahodopi dapat menjadi konserling kita semua. Dan bagaimana ke depannya dicarikan solusi yang sifatnya lebih pada penekanan jangka panjang,”ujarnya.

“Dengan melibatkan semua unsur tentunya akan memberi pesan kepada masyarakat.Untuk bagaimamana mereka memiliki kesadaran,” tambah Tahir.

Tahir mengungkapkan upaya untuk membersihkan sampah di Bahodopi dalam bentuk kegiatan bakti sosial sudah lima kali dilakukan. Dan bila dilihat dari beberapa kali kegiatan ada beberapa tempat wilayah pemukiman yang sudah mengalami perubahan.

“Melalui kesempatan ini kami juga mengimbau dan berharap ke semua desa di Bahodopi, untuk mengefektifkan kegiatan baksos membersihkan lingkungan dari sampah di desanya,” ujarnya.

Diketahui, perusahaan tambang yang membantu alat dalam kegiatan telah dikoordinasikan lebih dulu sebelum bakti sosial dilakukan. Perusahaan-perusahaan tersebut yakni PT IMIP, PT HJM, PT Ang AND Fang Brother, PT MSS, dan PT Oti Ea Abadi.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here