Home Palu KPU Palu Belum Putuskan Status Zainuddin-Nursalam

KPU Palu Belum Putuskan Status Zainuddin-Nursalam

137
Agussalim Wahid. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu belum menentukan status Zainuddin Tambuala-Nursalam terkait berkas dukungan bakal calon perseorangan yang diserahkan ke KPU, 23 Februari 2020. Pasalnya, KPU masih melakukan pencocokan antara fisik dukungan dengan yang ada di Silon (Sistem Informasi Pencalonan).

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, kepada sejumlah media Senin 24 Februari 2020 mengatakan, KPU belum bisa mengambil keputusan terkait jumlah dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diserahkan pasangan Zainuddin Tambuala-Nursalam. Hal di kareknakan, KPU masih melakukan pencocokan antara Silon dengan fisik dukungan.

“Seluruh nama yang tercantum dalam Silon fisiknya harus ada, begitupula urutannya. Kami masih melakukan pemeriksaan untuk memastikan seluruh urutannya sesuai antara Silon dengan fisik KTP,” ujar Agussalim.

Pertemuan dengan sejumlah media itu, Agussalim juga menyampaikan bahwa bakal pasangan calon melalui jalur perseorangan belum melakukan pendaftaran, yang ada hanya baru memasukkan berkas dukungan. Jika semua berkas dukungan dinyatakan memenuhi syarat, barulah bakal calon mendaftar, dimana tahapan pendaftaran pada Juni mendatang.

Menurut Agussalim, bukti dukungan KTP yang diserahkan pasangan Zainuddin-Nursalam berdasarkan penghitungan sementara melebihi syarat minimal 21.396 dukungan.

“Namun demikian, KPU masih memeriksanya untuk memastikan apakah dukungan itu memenuhi syarat atau tidak,” ungkapnya.

Selama masa pemeriksaan ini, tidak ada penambahan atau perbaikan dukungan. Jadi, bila nantinya terdapat dukungan yang tidak memenuhi syarat, bakal pasangan calon tidak bisa lagi menggantinya, karena tahapannya sudah lewat yakni 23 Februari 2020.

“Bila proses pemeriksaan sudah selesai antara Silon dan fisik dukungan, KPU segera membuat berita acara, disitu baru ketahuan apakah berkas dukungan Zainuddin-Nursalam di terima atau di tolak,” tegas Agus.

Pasangan Zainuddin Tambuala-Nursalam menyerahkan bukti dukungan KTP ke KPU Kota Palu di hari terakhir sekitar pukul 10.00 Wita. Berdasarkan Silon, pasangan ini mengklaim mendapat dukungan sebesar 21.500 dukungan lebih. Jumlah itu melewati syarat minimal yang ditetapkan yaitu 21.396.

Reporter: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here