Home Ekonomi Kenalkan Pelaku IKM tentang Kemasan Berorientasi Ekspor

Kenalkan Pelaku IKM tentang Kemasan Berorientasi Ekspor

68
Pembukaan workshop desain kemasan berorientasi ekspor, di Hotel Sentral kemarin (25/2). (Foto: Metrosulawesi/ Syahril Hantono)

Palu, Metrosulawesi.id – Sejumlah pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di daerah ini diperkenalkan tentang kemasan berorientasi ekspor. Hal itu dilakukan dalam kegiatan workshop desain kemasan berorientasi ekspor, di Hotel Sentral, Selasa (25/2).

Kadis Perindag Sulteng Richard Arnaldo mengatakan, kemasan sangat penting dan menentukan suatu produk dibeli masyarakat konsumen. Sebab kemasan adalah yang pertama kali dilihat oleh konsumen.

Dia mengatakan pernah membawa produk lokal Sulteng di tempat promosi. Katanya, salah satu yang menjadi perhatian pihak promotor adalah kemasan produknya.

Kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan. Kemasan digunakan untuk membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk di pasar.

Kadis Perindag mengharapkan pelaku IKM dan UKM di daerah ini bisa berinovasi membuat kemasan yang menarik, sehingga produknya dapat berdaya saing. Pemerintah provinsi, melalui Dinas Perindag Sulteng siap membantu pelaku usaha dalam membuat kemasan produk. Sebab pihaknya memiliki rumah produksi kemasan yang memang untuk melayani IKM di daerah ini.

Reporter: Syahril Hantono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here