Home Donggala Habis Rp1 Miliar, Pabrik Air Mineral Isemapa Maipiapa Tak Kunjung Produksi

Habis Rp1 Miliar, Pabrik Air Mineral Isemapa Maipiapa Tak Kunjung Produksi

83
Pabrik air mineral Isemapa Maipiapa yang berada di Kelurahan Ganti Kecamatan Banawa hingga sekarang belum difungsikan. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Program Pemkab Donggala membuat produk air mineral bermerek Isemapa Maipiapa hingga kini belum terealisasi. Padahal, pabriknya dibangun sejak 2017 di kompleks PDAM di Kelurahan Ganti Kecamatan Banawa.  Pabrik ini menghabiskan dana pembangunan Rp 1 miliar lebih.

Air mineral dengan slogan Isempa Maipiapa itu dibuat untuk meningkatkan pendapatan daerah, memberdayakan sumber daya alam (mata air Poweulua) dan menekan angka pengangguran. Tapi, hingga kini yang tampak masih gedung atau pabriknya yang berada di Kelurahan Ganti Kecamatan Banawa.

Kepala Bappeda Donggala Rustam Efendi yang dikonfirmasi tidak memberikan penjelasan detail terkait program air mineral Isemapa Maipiapa. Dia mengatakan, program ini masuk dalam perencanaan tetapi PDAM sebagai pengelola air kemasan Isemapa Maipiapa yang lebih berkompeten.

“Hubungi direk PDAM saja, mereka lebih tau teknisnya, secara program memang ada di perencanaan,” singkatnya dihubingi Jumat, pekan lalu.

Sementara Direktur PDAM Donggala Aldin J Sinae yang dikonfirmasi Sabtu 22 Februari 2020 mengatakan, program air kemasan Isemapa Maipiapa akan beroperasi tahun ini. Pihaknya sebagai pengelola secara teknis sudah tidak ada kendala, perlengakapan berupa mesin sudah tersedia.

“Mesin pengelola air mineral sudah ada, hanya menunggu beberapa izin dan persyaratan lagi dari BPOM sebagai produk yang dikonsumsi,” jawabnya.

Selain itu kata Aldin pihaknya sudah berkomunikasi dengan DPRD Donggala sebagai mitra agar secepatnya membantu program ini.

“Kami juga nunggu pengesahan anggaran perubahan tahun ini dan sudah masuk pada Prolegda DPRD Donggala untuk dibahas pada kesempatan pembahasan di pansus DPR, Insya Allah rencananya tahun ini pak, kita kawal bersama ya dan mohon doanya Amin Ya RAB.. wassalam,” tulisnya melalui WA.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here