Home Politik

Butuh 6.576 PNS untuk Sekretariat PPK dan PPS

465
Rapat kerja persiapan pembentukan sekretariat PPK dan PPS untuk pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah, Senin 24 Februari 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Syamsu Rizal)
  • Pilgub 2020

Palu, Metrosulawesi.id – Komisioner KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden mengungkapkan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pilkada serentak 2020 dijadwalkan dilantik pada 29 Februari 2020. Oleh karena itu, sekretaris dan staf PPK, berasal dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS), perlu segera disiapkan.

Hal itu mengemuka pada rapat kerja persiapan pembentukan sekretariat PPK dan PPS untuk pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020 yang dilaksanakan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah, Senin 24 Februari 2020. Rapat kerja KPU Sulteng dihadiri Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah dan pemerintah kabupaten kota. Selain itu, komisioner dan sekretaris KPU kabupaten kota.

Sahran Raden mengatakan, salah satu kewajiban pemerintah daerah pada pemilihan serentak 2020 adalah memfasilitasi pelaksaaan pemilihan di antaranya penugasan PNS daerah untuk menjadi sekretaris dan staf PPK dan PPS.

“Rapat kerja ini penting untuk membicarakan penugasan PNS daerah di sekretariat PPK dan PPS sehingga ada kesepahaman bersama,” kata Sahran Raden.

Diuraikan, jumlah PNS untuk sekretariat PPK dan PPS masing-masing tiga orang, salah satunya bertindak sebagai sekretaris. Jika ditotal, jumlahnya 6.576 orang.

Adapun syarat menjadi sekretaris dan staf PPK di antaranya yakni tidak pernah dijatuhi sanksi disiplin pegawau, mampu jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Selain itu, mempunyai pangkat dan golongan paling rendah II/b.

Sekretaris akan bersama-sama PPK menyukseskan pemilihan serentak 2020 pada tingkat kecamatan. Begitu juga PPS di tingkat desa/ kelurahan. Sekretariat bersinergi dengan penyelenggara adhoc yakni PPK maupun PPS untuk memfasilitasi tahapan-tahapan pemilihan.

Asisten I Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Setdaprov Sulteng Moh Faizal Mang menjelaskan mekanisme perekrutan PPK. Dia mengatakan, PPK melalui KPU kabupaten kota mengusulkan tiga nama calon sekretaris PPK kepada bupati/ walikota.

“Selanjutnya dipilih dan ditetapkan satu nama sebagai sekretaris PPK dengan keputusan bupati/ walikota,” kata Faizal Mang.

Dia berharap, sekretaris dan staf sekretariat PPK tidak lama setelah pelantikan adhoc PPK yang dijadwalkan 29 Februari 2020. Setidaknya satu pekan setelah pelantikan. Hal itu penting agar kerja-kerja pemilihan serentak 2020 berjalan dengan baik.

Reporter: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas