Home Politik Pilkada Tolitoli Tanpa Jalur Independen

Pilkada Tolitoli Tanpa Jalur Independen

163
ILUSTRASI - Pilkada serentak 2020. (Foto: Ist)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Pesta demokrasi pemilihan Bupati Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, dipastikan tanpa diikuti calon lewat jalur independen. Hingga batas waktu yang ditetapkan KPU Kabupaten Tolitoli, 24 Pebruari 2020, tidak satupun calon bupati dari jalur persorangan mendaftarkan diri ke KPU Tolitoli.

‘’Pilkada serentak  tahun ini,  tidak ada satupun dari non partai yang menyetorkan dokumen di KPU. Padahal tahapan penyerahan dokumen calon perseorangan telah ditutup hari ini,’’ kata  divisi teknis penyelenggara Pemilu KPU Tolitoli, Alisman kepada wartawan  Senin (24/02/2020)..

Alisman menjelaskan, setiap pasangan calon yang berasal dari perseorangan dipersyaratkan paling tidak medapatkan dukungan 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang penyebarannya ada di enam kecamatan.

“Jika DPT Tolitoli 149.440, maka pasangan calon dari perseorangan tersebut harus mendapat dukungan sebanyak 14.944 pemilih,” jelas Alisman.

Tidak adanya pendaftar dari jalur persorangan ini, Alisman berasumsi ada dua hal kemungkinan tidak berminatnya jalur persorangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli, pertama tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai politik dinilai cukup bai, yang kedua  karena ketidak mampuan mengumpulkan dukungan 10 persen dari jumlah DPT Tolitoli. (*)

Reporter: Acco Amir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here